BeritaPendidikan

Pengesahan Soal, Wakakur: Soal Harus Selaras dengan Materi

Pengesahan Soal, Wakakur: Soal Harus Selaras dengan Materi

Selasa, 05 September 2023

Menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil, madrasah diniyah Al-Khoirot melaksanakan tashih soal (pengesahan soal) yang dilaksanakan di kantor madrasah diniyah pada pukul 13.00 WIB-selesai.

“Tujuan diadakan tashih soal agar para santri dapat memahami pertanyaan-pertanyaan dalam ujian dengan baik dan benar. Artinya, soal dibuat sesuai kitab atau materi yang sudah dipelajari pada masing-masing kelas”. Tutur Faishol.

“Tashih soal ini sebagai sarana penyelarasan bahasa, bobot soal, dan kesesuaian materi yang sudah dicapai pada masing-masing kelas”. Ujar Syafiq (wakakur).

“Kegiatan ini merupakan kegiatan madrasah diniyah yang dilaksanakan per semester dalam satu tahun. Tashih soal sudah berjalan sekitar dua tahun lebih, penyebabnya adalah pernah terjadi salah satu guru di kelas tinggi memasukkan soal yang tidak tercantum dalam materi dan cukup memberatkan santri”. Lanjutnya.

“Harapannya, kegiatan ini  terus berjalan agar soal ujian dapat selaras dan berkualitas sesuai materi di setiap kelasnya”. Pungkasnya.

Masing-masing guru mulai dari kelas i’dad sampai tsanawi saling mendiskusikan soal-soal yang telah dibuat oleh Pj. soal. Para guru berkumpul sesuai dengan kelompok pentashih yang telah ditetapkan.

+ posts

Asal Bandung suka nulis puisi

Avatar

Fauzan Taqiyuddin

Asal Bandung suka nulis puisi