Umum

Al-Khoirot Putihkan Halaman dalam Rangka Hari Santri Nasional (HSN) 2023

Minggu, 22 Oktober 2023

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2023, pondok pesantren Al-khoirot Malang, turut gelar upacara yang berlangsung Minggu, 22 Oktober 2023 di halaman utama pondok pesantren. Upacara dimulai pada pukul 07:30 WIB-selesai. Upacara ini diikuti oleh seluruh santri dan perangkat pondok pesantren. Halaman nampak dipenuhi oleh santri dan didominasi warna putih oleh pakaian yang mereka gunakan.

Salah satu yang disampaikan oleh Gus R. Hilmi Ali selaku pembina dalam upacara ini, “Hal yang paling dan harus diingat oleh santri, bahwasannya guru Sayyid Alawi Al-Maliki, salah satu guru besar pendiri pondok pesantren Al-Khoirot yang pernah menyampaikan: ما زلت طالبا saya adalah santri. Apa maksudnya? Maksudnya adalah hubungan antara kita dengan hari ini, yakni sampai kapan pun kita adalah santri,” ujar Gus Hilmi di atas mimbar.

“Ada dua yang dapat saya garis bawahi dalam momen kali ini. Pertama, hari ini jelas sebagai wujud bakti santri atas NKRI. Kedua, penyelengaaraan ini agar santri dapat mengingat perjuangan pahlawan yang mana mereka adalah ulama, kiai dan para santri yang membela atas nama nusa dan bangsa,” tutur Rozikin selaku panitia

“Mengakui identitas kesantrian itu mudah. Yang sulit itu diakui sebagai santri oleh para masyaikh kita,” pesan ketua panitia kepada seluruh santri dalam sesi wawancara.

 

+ posts

Asal Bandung suka nulis puisi

Avatar

Fauzan Taqiyuddin

Asal Bandung suka nulis puisi