BeritaPendidikanUmum

Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi, Asrama Tahfidz Al-Quran Adakan Lomba MHQ dan MTQ

Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi, Asrama Tahfidz Al-Quran Adakan Lomba MHQ dan MTQ

Selasa, 17 Oktober 2023

Salah satu program khusus pondok pesantren Al-Khoirot, asrama tahfidz Al-Quran menggelar ajang perlombaan Musabaqoh Hifdzu al-Quran (MHQ) dan Musabaqoh Tartil al-Quran (MTQ) yang berlangsung pada Selasa, 17 Oktober 2023. Perlombaan dimulai pada pukul 20.00 WIB yang bertempat di Asrama Tahfidz Al-Quran pondok pesantren Al-Khoirot.

Acara dipenuhi oleh seluruh santri asrama tahfidz al-Quran dan jajaran tamu undangan. Mereka antara lain: pengurus, dewan asatidz, dan dewan juri yang sudah hadir pada perlombaan malam itu.

“Alhamdulillah acara ini masih bisa dilaksanakan secara rutin satu tahun satu kali hingga saat ini. Kami berharap perlombaan ini dapat menambah semangat dan motivasi santri terhadap aktivitas menghafal dan menjaganya secara istiqomah”, ucap Novaldi (ketua pnitia).

“Tujuan diadakannya perlombaan ini, salah satunya agar menjadi motivasi bagi santri. Setiap santri yang menghafal al-Quran harus memiliki semangat tinggi dalam menghafalnya. Oleh karena itu dalam kesempatan ini semoga perlombaan ini dapat menjadi motivasi bagi santri tahfidz al-Quran”, ungkap Habib Husain bin Sahab (pengasuh tahfidz al-Quran)

“Mengutip dari perkataan imam Syafi’i: ‘bahwa kematian itu menyakitkan. Namun, untuk Ahlu al-Quran kematian akan terasa nikmat. Kenapa? Karena berkahnya al-Quran'”, lanjutnya.

“Penghafal Al-Quran tidak butuh cerdas. Hanya butuh istiqomah dalam menjaga hafalannya. Dengan cara apa? Yaitu dengan cara istiqomah dalam murojaah. Walaupun sudah hatam, tetap itu harus dimurojaah lagi. Semoga para hafidz di sini mendapat berkah dan syafaat al-Quran kelak di akhirat nanti”, pungkasnya.

Di penghujung acara, perlombaan ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang dan diparipurnai oleh do’a yang disampaikan oleh Ust. Rofiuddin.

+ posts

Asal Bandung suka nulis puisi

Avatar

Fauzan Taqiyuddin

Asal Bandung suka nulis puisi