PendidikanUmum

Seminar Kebahasaan, Tampilan, dan Penganugerahan Santri Berprestasi Asrama Bahasa Arab Pondok Pesantren Al-Khoirot

Seminar Kebahasaan, Tampilan, dan Penganugerahan Santri Berprestasi Asrama Bahasa Arab Pondok Pesantren Al-Khoirot
Rabu, 16 Agustus 2023

Malang – Asrama bahasa Arab pondok pesantren Al-Khoirot menggelar kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada awal semester. Pada tahun ini, konsep yang diluncurkan tidak hanya penganugerahan santri berprestasi saja melainkan ditambah dengan acara seminar kebahasaan dan tampilan-tampilan memukau berbasis bahasa Arab, yakni khitobah (pidato bahasa Arab) dan Qirooatu as-Syiir (puisi Arab). Seminar dalam acara ini mengusung tema yang cukup menarik yakni “Kenapa sih kita harus belajar bahasa Arab?”

Acara ini bertempat di aula (pusat) pondok pesantren Al-Khoirot yang terletak di lantai dua gedung sekolah. Kegiatan dimulai pada pukul 20.00 s/d selesai. Seluruh elemen yang berada di asrama bahasa Arab terlibat dalam acara ini, khususnya para santri mulai dari santri kelas Al-Mubtadi al-Adna-Mutawassith al-A’la.

Acara dibuka oleh sdr. Abduh selaku Master of Ceremony (MC) dalam acara ini. dilanjut dengan pembacaan ayat suci al-Qur.’an yang dibacakan oleh sdr. Ahmad Muzaki.  Memasuki acara selanjutnya yakni sambutan Rais al-Lughoh al-Arabiyah yang disampaikan oleh sdr. Nur Yakin Zakaria. Adapun narasumber yang menjadi pengisi dalam acara seminar kali ini adalah sdr. Busyro Husaini. Dia merupakan guru, alumni asrama lughoh serta pengurus (pusat) pondok pesantren Al-Khoirot yang masih aktif hingga saat ini. Dia ditemani oleh sdr. Nur Yaqin Zakaria selaku moderator dalam seminar itu.

Salah satu pesan yang disampaikan pemateri kepada santri adalah “bersemangatlah dalam belajar Arab, karena tidak ada kerugian dalam menekuninya. Karena bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki keistimewaan sendiri”. Tutur narasumber di atas podium.

“Salah satu keistimewaannya adalah bahasa Arab merupakan bahasa al-Qur.’an. pesan ini lebih khusus disampaikan kepada generasi baru, yakni santri baru yang baru bergabung dengan asrama bahasa Arab. Narasumber yang biasa disapa Busyro atau Husaini, juga menyampaikan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang lembut. Kenapa tidak?, saya mengambil contoh orang yang sedang marah dengan bahasa Madura lebih geram dan menakutkan dibanding dengan bahasa Arab. Itulah mengapa bahasa Arab adalah bahasa yang lembut” lanjutnya.

Para santri nampak memadati aula tersebut. Mereka menyaksikan dengan penuh antusias dan ceria. Acara ini juga dihadiri oleh seluruh muallim (guru) bahasa Arab. Tak lupa, acara ini juga diliput oleh tim multimedia (pusat) pondok pesantren Al-Khoirot yang dapat diakses pada link berikut ini: https://www.youtube.com/live/pUZQ80YuM2o?feature=share

Seminar Kebahasaan Tampilan dan Penganugerahan Santri Berprestasi Asrama Bahasa Arab Pondok Pesantren Al-Khoirot

Acara dilanjutkan dengan penampilan khitobah (pidato berbahasa Arab) yang dibawakan oleh sdr. Eldino Zaki dan Naufal Alfansyah selaku santri senior di asrama bahasa Arab. Khitobah begitu memukau saat disampaikan di atas podium sehingga membuat para santri bergemuruh dalam acara tersebut. Dilanjutkan dengan penampilan qiroat as-Syiir (puisi Arab) yang dibacakan oleh sdr. Fajar Rizki. Kemudian, memasuki penghujung acara yakni penganugerahan “SANTRI BERPRESTASI” mulai dari kelas al-Mubtadi al-Adna sampai Mutawassith al-A’la. “Setiap santri yang berprestasi akan mendapatkan penghargaan berupa piagam sebagai bentuk apresiasi dan penambah semangat belajarnya di kemudian hari”. Ungkap Nur Yakin. Acara ditutup oleh doa yang disampaikan oleh sdr. Akmalul Huda

Avatar

Fauzan Taqiyuddin

Asal Bandung suka nulis puisi