BeritaSport

Hatur Nuhun, Luis Milla

Dilansir dari laman resmi PERSIB persib.co.id Sabtu, 15 Juli 2023 Luis Milla (coach Persib Bandung) memutuskan untuk mengundurkan diri bersama tim yang berjuluk Maung Bandung itu. Keputusan ini langsung disampaikan melalui konferensi pers di Graha PERSIB, Jalan Sulanjana No. 17, Kota Bandung.

Pertandingan laga ke-3 BRI Liga 1 squad PERSIB Bandung kontra Dewa United adalah laga yang cukup ketat. Kedua tim sama-sama memiliki semangat untuk memenangkan pertadingan. Namun, akhirnya PERSIB lagi-lagi harus menerima hasil akhir pada laga itu, tim Maun Bandung harus mengakui keunggulan tim Dewa United. PERSIB kembali ditahan imbang dengan skor akhir 2-2. Laga ke-3 antara Persib Bandung kontra Dewa United digelar di kandang PERSIB stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Kehadiran Bobotoh di pertandingan itu telah benar-benar menjadi tambahan kekuatan dan semangat bagi para pemain yang berjuang di atas lapangan. Hingga pada akhirnya, PERSIB yang sempat tertinggal, mampu bangkit dan menyamakan kedudukan sampai peluit panjang dibunyikan. Pertandingan melawan Dewa United pada laga ke-3 BRI liga 1 menjadi momen terakhir kebersamaan Luis Milla Aspas sebagai nakhoda. Seiring dengan keputusan Milla itu, Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez turut mundur dari jajaran staf pelatih. Menjadi hal yang umum terjadi di dunia sepakbola ketika kepergian pelatih juga diikuti oleh para asistennya.

Faktor kemunduran pelatih asal Spanyol itu mengundurkan diri dengan alasan personal. Persoalan pribadi menjadi alasan di balik pengambilan keputusan pelatih berusia 57 tahun tersebut. Untuk bisa menyelesaikan persoalan itu, Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian dan konsentrasinya. Diketahui, persoalan ini telah merundung Milla sejak lama, tapi baru terungkap saat ini yang menurutnya menjadi waktu terbaik agar stabilitas tim di Liga 1 musim ini terjaga dengan baik.

Kapten tim PERSIB, Victor Igbonefo angkat bicara soal kemunduran nahkoda PERSIB itu. Victor menghormati keputusan Luis Milla yang mengundurkan diri sebagai pelatih kepala dengan alasan personal. Ia berharap, keputusan tersebut sebagai langkah untuk kebaikan tim. Igbonefo mengakui, pengunduran diri Milla terasa mendadak. Apalagi dua asisten pelatih Manuel Perez Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez pun turut mengundurkan diri. “Keputusan Luis Milla terkait pengunduran dirinya termasuk para asisten pelatih memang sangat cepat. Namun, kita harus tetap menghormati keputusan tersebut. Sebab, ini murni sebuah keputusan pribadi yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anaknya. Ini adalah yang terbaik untuk tim”. kata pemain bernomor punggung 32 tersebut.

PERSIB menunjuk Yaya Sunarya (pelatih fisik) sebagai pelatih PERSIB (sementara) hingga menemukan pelatih baru. Yaya Sunarya ditunjuk untuk mengenban pelatih PERSIB sementara karena kemunduran Luis Milla.

Deputi CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat (PT PBB), Teddy Tjahjono mengatakan, bukan hal mudah untuk mendapatkan pelatih kepala saat kompetisi sedang berjalan. PERSIB juga perlu melakukan diskusi internal untuk menemukan pelatih baru.“Keputusan yang diumumkan pada kami sangat mendadak. Namun, kami harus menghormati keputusan tersebut karena ini alasan pribadi. Kami sudah diskusikan di internal direksi dan komisaris, Pak Yaya (Yaya Sunarya) akan jadi caretaker sampai ada pelatih kepala baru,” kata Teddy di Graha PERSIB, Sabtu 15 Juli 2023. Meskipun sulit, Teddy menegaskan, PERSIB harus tetap menyelesaikan musim ini dengan sebaik mungkin. Ia mengatakan, saat ini, PERSIB sudah membidik beberapa nama pelatih baru. “Kami di internal sudah cari calon pengganti kepala yang akan kita review beberapa kandidat yang ada. Semoga kita bisa cepat dapat pengganti Luis Milla,” ucapnya.

Baca juga : Kekalahan Telak Singo Edan Melawan Squad Macan Putih

+ posts

Asal Bandung suka nulis puisi

Avatar

Fauzan Taqiyuddin

Asal Bandung suka nulis puisi