Artikel

Jurnalistik Butuh Praktik

Kustadi Suhandang menyebutkan, jurnalistik adalah seni dan atau keterampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita tentang peristiwa yang terjadi sehari-hari secara indah, dalam rangka memenuhi segala kebutuhan hati nurani khalayaknya (Suhandang, 2004:23). Jurnalis adalah seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan jurnalistik, contohnya menulis, menganalisis, dan melaporkan segala suatu peristiwa kepada publik melalui media massa secara teratur. Keduanya saling berkaitan jurnalistik adalah seni dalam menulis dan jurnalis adalah nama profesi yang disandang oleh penulis tersebut. Nama lain jurnalis yang sering kita dengar adalah wartawan ada juga yang menyebutnya sebagai kuli tinta yakni seseorang yang mendapat penghasilan dari tinta.

Sebelum menjadi seorang jurnalis yang profesional maka kita dianjurkan melakukan beberapa praktik sebagai bentuk latihan. Tentunya bagi para peminat jurnalistik maka akan lebih sering untuk terjun ke lapangan seperti halnya seorang wartawan. Dari adanya praktik kita akan lebih memahami dan mengerti apa itu jurnalis. Selain praktik kita juga perlu banyak belajar tentang kode etik dari jurnalistik dan ilmu-ilmu lain yang berkaitan dengan bidang tersebut seperti mempelajari bahasa-bahasa yang sudah lumrah ditulis oleh jurnalis. Tak hanya itu kita juga harus bisa menuliskan suatu kejadian dengan fakta jika itu berkaitan dengan kejadian seperti menulis berita.

Dalam jurnalistik tentu ada teori-teori ketika ingin menuliskan atau menuangkan apa yang ingin kita tulis, selain itu ada beberapa inisiatif yang terkadang dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi dalam mata kuliah praktik jurnalistik yakni dengan cara studi tur ke media-media cetak seperti tempat penulisan berita. Di sana kita dapat langsung bertanya langsung terhadap para jurnalis profesional, tak hanya itu kita juga bisa langsung praktik dengan diberikan tugas langsung dari media tersebut yang biasa kita fahami yakni KKL kuliah kerja lapangan bagi para mahasiswa. Dari adanya praktik kita akan lebih tahu apa itu jurnalistik dan siapa jurnalis itu. Maka dari itu praktik jurnalistik termasuk salah satu hal penting yang dapat kita ambil ilmunya, bahkan dari pentingnya praktik jurnalistik ada sebagian perguruan tinggi yang menjadikannya sebagai salah satu mata kuliah, yang biasa ada dalam jurusan bahasa Indonesia dan ilmu komunikasi.

Mahasiswi at IAI Al-Qolam Malang | + posts

Alumni pondok pesantren Al-Khoirot putri, mahasiswi aktif di IAI Al-Qolam Malang, Sedang mengabdi di Madrasah Aliyah dan madrasah Diniyah Al-Khoirot putri

Avatar

Ita Nur Aini

Alumni pondok pesantren Al-Khoirot putri, mahasiswi aktif di IAI Al-Qolam Malang, Sedang mengabdi di Madrasah Aliyah dan madrasah Diniyah Al-Khoirot putri