ArtikelUmum

Pengaruh Media sosial

Media sosial tentu kita tidak asing dengan kata itu. Media dimana orang jauh  terasa dekat dan yang dekat terasa jauh. Media penghubung sesama makhluk sosial. Mengapa orang jauh terasa dekat dan orang dekat terasa jauh karena orang jauh bisa berhubungan sosial dengan kita yang jauh dan yang dekat terabaikan karena kita terlalu fokus dengan media sosial kita masing-masing.

Dari kemajuan teknologi semuanya menjadi lebih mudah untuk dijangkau tapi juga ada hal yang negatif atau dampaknya kepada pengguna media sosial. Terutama pada anak-anak dizaman sekarang sudah banyak yang memakai gadjet sebagai mainan beda dengan anak-anak dahulu yang lebih condong bermain. Sedangkan anak-anak dizaman sekarang sudah fokus dengan mainannya masing-masing atau sering disebut dengan game. Memang media sosial lebih mempermudah kita tetapi bagi anak-anak ketika terlalu sering menggunakan gadjet akan menimbulkan dampak yang kurang baik.

Dampak buruk itu tergantung dengan penggunaan media sosial tersebut, jika anak-anak kecil lebih condong terhadap game sehingga kesehatan matanya terganggu dan bisa juga bisa menimbulkan rasa kecanduan. Kecanduan karena sudah terbiasa jika tidak bermain game maka akan terasa ada yang kurang. Tak hanya dampak bagi anak-anak saja tetapi juga dampak negatif tersebut bisa saja ada pada orang dewasa,remaja. Bagi remaja tentu jika tidak bisanya menjaga pergaulan bebas dan bagi orang dewasa mungkin bisa mengganggu pekerjaannya bahkan ada yang karena sebab media sosial hubungan rumah tangganya hancur.

Media sosial memang harus digunakan sesuai dengan kebutuhan dan dalam hal-hal positif yang bisa menambahkan kualitas diri kita. Media sosial atau teknologi pada zama sekarang tidak membatasi siapapun untuk menambah pengetahuan seluas-luasnya. Dari sini banyak dampak yang bisa kita ambil sebagai mahasiswa dan akademisi sudah sepatutnya kita menggunakan media sosial dengan sebijak-bijaknya. Tak hanya mahasiswa saja melainkan santripun juga bisa menggunakan media sosial dengan bijak yakni sebagai media dakwah Islam. Dan media sosial semakin tahun akan semakin canggih maka dari itu kita harus belajar bijak dalam menggunakan media sosial yakni menggunakan dalam hal-hal yang positif. Tuangkan hal- hal yang baik dan bisa menambah kualitas diri kita.

Pengaruh media sosial sangatlah besar dan memang tidak bisa kita hindari karena kita hidup dimana teknologi berkembang semakin canggih dan pesat. Tak hanya berdampak kepada perindivudu saja tetapi dalam hal-hal yang lainnya seperti pendidikan. Dengan kemajuan teknologi seiring berjalannya waktu semuanya sudah berbasis teknologi seperti pada zaman dahulu ujian masih dilakukan secara paper atau tulis tangan berbeda dengan sekarang, sudah jarang lembaga pendidikan yang menggunakan sistem ini karena sudah digantikan dengan teknologi yakni komputer atau laptop yang lebih praktis dan canggih. Dari sini sudah jelas bahwa pengaruh media sosial sangatlah besar bagi masyarakat.

Baca juga : Senyumanmu Menghapus Beban Hidupmu

Avatar

Ita Nur Aini

Alumni pondok pesantren Al-Khoirot putri, mahasiswi aktif di Universitas Al-Qolam Malang.