ArtikelUmum

Bye-bye Baper! Rahasia Wanita Tangguh agar Tetap Tenang dan Bahagia dalam Berbagai Situasi

Baper, atau “bawa perasaan”, sering kali menjadi batu sandungan bagi wanita dalam menjalani kehidupan. Mudah terpengaruh secara emosional oleh hal-hal kecil, baper dapat membawa kecemasan, stres, dan bahkan depresi. Sulit bagi Wanita untuk mengontrol perasaan maka marilah kita harus berusaha agar dapat menjadi Wanita yang Tangguh selalu tenang serta Bahagia dalam segala keadaan. Akan tetapi jangan bersedih karena  kabar baiknya baper tidak selalu berteman dengan Wanita, kita dapat mengontrolnya dengan beberapa hal diantaranya adalah;

Kenali Diri Sendiri

Langkah pertama untuk mengatasi baper adalah dengan memahami diri sendiri. Apa yang biasanya memicu perasaan baper? Adakah pola tertentu? Apakah baper selalu berakibat negatif? Dengan memahami diri, kita bisa lebih mudah mengendalikan emosi dan mengambil langkah-langkah pencegahan agar tidak baper terus menerus.

Hindari Overthinking

Baper sering kali dipicu oleh overthinking, yaitu memikirkan sesuatu secara berlebihan. Ketika kita mulai merasa baper, cobalah untuk menghentikan pikiran kita dan alihkan perhatian ke hal lain. Lakukan aktivitas yang positif dan menenangkan, seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau berolahraga. Tentu sulit dalam hal ini karena difikiran kita sudah banyak hal-hal yang sebenarnya belum tentu terjadi akan tetapi kita khawatir serta cemas berlebihan,dan itu tidak baik.

Tetapkan Batasan yang Jelas

Penting untuk memiliki batasan yang jelas dalam hubungan dan interaksi dengan orang lain. Katakan “tidak” ketika kita merasa tidak nyaman atau tidak ingin melakukan sesuatu. Jangan ragu untuk menjauh dari situasi yang membuat kita merasa baper.

Fokus pada Hal Positif

Untuk mengalihkan dari hal-hal negatif yang memicu baper, fokuslah pada hal-hal positif dalam hidup kita. Bersyukurlah atas apa yang kita miliki dan nikmati momen-momen indah. Hal ini akan membantu meningkatkan mood dan mental kita.

Berlatih Mindfulness

Mindfulness adalah teknik yang membantu kita untuk fokus pada saat ini dan menerima keadaan apa adanya. Berlatih mindfulness dapat membantu kita untuk lebih tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh emosi negatif.

Cari Dukungan

Jangan ragu untuk mencari dukungan dari orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman, atau profesional jika kita merasa kewalahan. Berbicara dengan orang lain dapat membantu kita untuk merasa lebih baik dan mendapatkan perspektif baru.

Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki jalan hidupnya sendiri. Jangan bandingkan diri kita dengan orang lain karena hanya akan membuat kita merasa tidak Bahagia,kurang bersyukur dan baper. Fokuslah pada diri sendiri dan pencapaian kita.

Peduli Diri

Penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita. Makan makanan yang sehat, olahraga secara teratur, dan tidur yang cukup. Lakukan hal-hal yang kita sukai yang membuat kita merasa bahagia.

Bersyukur

Bersyukurlah atas apa yang kita miliki dalam hidup,hal ini akan membantu kita untuk lebih positif dan tidak mudah terpengaruh oleh emosi negatif.

Menjadi wanita tangguh bukan berarti tidak pernah merasa baper. Namun, dengan menerapkan tips-tips di atas, kita dapat belajar untuk mengendalikan emosi dan menjalani hidup yang lebih tenang dan bahagia. Ingatlah, kita tidak sendirian. Banyak wanita yang berjuang dengan baper. Jangan ragu untuk mencari dukungan dan bantuan jika kita membutuhkannya. Semoga bermanfaat.

Avatar

Ita Nur Aini

Alumni pondok pesantren Al-Khoirot putri, mahasiswi aktif di Universitas Al-Qolam Malang.