Bahsul MasailKeislaman

Melaksanakan Sholat sunnah tapi punya hutang Sholat Wajib

Baca Juga : Najis di Tengah Sholat

Sail : Redaksi Bahtsul Masail

Deskripsi Masalah

Deni adalah seorang santri, suatu hari Deni tidur terlalu malam sehingga menyebabkan ia tidak bangun subuh dan baru bangun saat matahari sudah terik. Kebetulan Deni adalah santri yang rajin sholat dhuha, karena tidak ingin putus Istiqomah, ia langsung melaksanakan sholat dhuha. Temannya yang mengetahui bahwa Deni belum sholat subuh memberi tahu bahwa haram melaksanakan sholat dhuha karena sholat wajibnya belum dikerjakan.

Pertanyaan

Benarkah pernyataan dari teman Deni? Jika iya, Bagaimana solusi bagi Deni agar tetap melaksanakan Sholat subuh tanpa meninggalkan keistiqomahan sholat dhuha?

Jawaban

Benar.

Mendahulukan sholat sunnah daripada sholat wajib yang belum dikerjakan atau sholat wajib yang lewat untuk dikerjakan hukum dasarnya adalah haram, namun jika meninggalkan sholat wajib tersebut karena udzur maka terdapat pendapat yang membolehkan untuk mendahulukan sholat sunnah.

Sebab udzur dalam sholat ada tiga macam yakni tidur, lupa dan terpaksa. Sakit tidak termasuk udzur selagi masih sadar.

Referensi

فتح المعين بشرح ‌قرة ‌العين ‌بمهمات ‌الدين

ويبادر من مر بفائت وجوبا إن فات بلا عذر فيلزمه القضاء فورا. قال شيخنا أحمد بن حجر رحمه الله تعالى: والذي يظهر أنه يلزمه صرف جميع زمنه للقضاء ما عدا ما يحتاج لصرفه فيما لا بد منه وأنه يحرم عليه التطوع. انتهى.

ويبادر به ندبا إن فات بعذر كنوم لم يتعد به ونسيان كذلك

اعانة الطالبين

قوله: كنوم لم يتعد به) بخلاف ما إذا تعدى، بأن نام في الوقت وظن عدم الاستيقاظ، أو شك فيه، فلا يكون عذرا. وقوله: ونسيان كذلك أي لم يتعد به، وأما إن تعدى به بأن نشأ عن منهي عنه – كلعب شطرنج مثلا – فلا يكون عذرا

اعانة الطالبين

( ويبادر ) من مر ( بفائت ) وجوبا إن فات بلا عذر فيلزمه القضاء فورا

قال شيخنا أحمد بن حجر رحمه الله تعالى والذي يظهر أنه يلزمه صرف جميع زمنه للقضاء ما عدا ما يحتاج لصرفه فيما لا بد منه وأنه يحرم عليه التطوع ويبادر به ندبا إن فات بعذر كنوم لم يتعد به ونسيان كذلك (قوله: وأنه يحرم عليه التطوع) أي مع صحته، خلافا للزركشي.

Bahtsul Masail Al-Khoirot

Bahtsul Masail adalah kegiatan ilmiah keislaman dalam memberi solusi atas permasalahan aktual keseharian di tengah masyarakat dengan merujuk pada literatur Islam klasik dan kontemporer dalam bidang kajian fikih Syafi'iyah khususnya dan fikih mazhab empat secara umum.

Aktivitas ini dilakukan seminggu sekali yang diikuti oleh santri senior Al-Khoirot mulai dari kelas Madin tingkat Ibtidaiyah (kelas 5 dan 6), tingkat Tsanawiyah dan Ma'had Aly. Hasil pembahasan selalu diterbitkan secara mingguan dalam bentuk Buletin (newsletter) untuk memberi manfaat pada umat Islam secara lebih luas.

Pembaca situs ini dapat mengajukan pertanyaan keagamaan aktual untuk dibahas bersama. Kirim pertanyaan via WA ke : 0858-9544-2276

Avatar

Redaksi Bahsul Masail

Bahtsul Masail adalah kegiatan ilmiah keislaman dalam memberi solusi atas permasalahan aktual keseharian di tengah masyarakat dengan merujuk pada literatur Islam klasik dan kontemporer dalam bidang kajian fikih Syafi'iyah khususnya dan fikih mazhab empat secara umum. Aktivitas ini dilakukan seminggu sekali yang diikuti oleh santri senior Al-Khoirot mulai dari kelas Madin tingkat Ibtidaiyah (kelas 5 dan 6), tingkat Tsanawiyah dan Ma'had Aly. Hasil pembahasan selalu diterbitkan secara mingguan dalam bentuk Buletin (newsletter) untuk memberi manfaat pada umat Islam secara lebih luas. Pembaca situs ini dapat mengajukan pertanyaan keagamaan aktual untuk dibahas bersama. Kirim pertanyaan via WA ke : 0858-9544-2276