Keislaman

Fadhilah Bulan Haram

Fadhilah Bulan Haram

Diantara kita mungkin pernah mendengar suatu pengajian perihal bulan haram atau diistilahkan dengan Asyhurul Hurum, dimana para muballigh atau penceramah mulai muncul untuk menyampaikan fadhilah bulan ini. Dari sini kita bahas penjelasannya.

Asyhurul Hurum atau bulan bulan haram memang sudah familiar di kalangan orang arab terdahulu, karena dalam syariat mereka mengajarkan untuk tidak boleh melakukan peperangan ketika masuk bulan tersebut, dan inilah menjadi tradisi hingga zaman sekarang.

Dari 12 bulan dalam setahun, ada 4 bulan dimana Allah swt menjelaskan secara eksplisit didalam firman-Nya :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ (التوبة : ٣٦ )

“sesungguhnya dari dua belas jumlah bulan yang ditetapkan oleh Allah di Lauh Mahfudz ketika hari penciptaan langit dan bumi,diantaranya ada empat bulan haram hal itu agama yang lurus, maka janganlah kalian mendzolimi diri kalian pada bulan tersebut”(At-Taubah:36)

Banyak para ulama menjelaskan rincian 4 bulan tersebut, diantaranya Imam Syafi’i dalam Kitab At Tafsir Al Imam As Syafi’i menyebutkan:

قال الشَّافِعِي – رحمه الله -: وقال رسول الله – صلى الله عليه وسلم -: إن الزمان قد استدار كهيئتة – يوم خلق الله السماوات والأرض – السنة: اثنا عشر شهراً، منها أربع حرم: ثلاث متواليات (ذو القعدة، ذو الحجة، ومحرم) ، ورجب: شهر مضر، الذي بين جمادى وشعبان.

Dari kesimpulan pendapat beliau bahwa empat bulan tersebut ialah 3 bulan secara berurutan : Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan 1 bulan sendiri yaitu Rajab.

Keutamaan Bulan Haram

Di samping penghormatan bulan haram dengan tidak adanya peperangan di tanah Haram, terdapat juga riwayat hadits di dalam kitab Al- Umm karya Imam Asy Syafi’i disebutkan ada 5 malam dimana Allah mengabulkan doa hamba-Nya yaitu :

  1. Malam Pertama bulan Rajab
  2. Malam Nisfu Sya’ban
  3. Malam hari raya idul fitri
  4. Malam hari raya Idul Adha
  5. Malam Jumat

Jadi dengan hadirnya bulan mulia ini marilah kita tingkatkan lagi semangat dalam beribadah menjauhi apa yang dilarang oleh sang maha pencipta.

baca juga : Hikayat Pertama : Keutamaan Basmalah

Santri at Pondok Pesantren Al-Khoirot | + posts

Calon mahasiswa Al-Azhar Cairo. Asal Palangkaraya, kini masih menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang, penikmat lagu arab dan sholawat

Avatar

Ahmad Jazuli

Calon mahasiswa Al-Azhar Cairo. Asal Palangkaraya, kini masih menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang, penikmat lagu arab dan sholawat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *