Artikel

Peran Penting Teknologi dalam Membangun Karakter Seseorang

Peran Penting Teknologi dalam Membangun Karakter Seseorang

Pada era teknologi 5.0 mungkin tidak bisa dipungkiri lagi terkait penggunaan teknologi, dengan berbagai macam inovasi dan pengembangan secara luas dari berbagai kalangan ilmuan, dari itu perlu dikombinasikan dengan kekuatan regilius yang mapan, tak jarang diantara kita salah dalam penyalahgunaan teknologi ini bahkan anak kecil pun justru banyak jatuh kedalam tahap yang mestinya tidak dilakukan oleh kalangan orang dewasa. Maka bisa diambil kesimpulan bahwa penggunaan teknologi di masa ini perlu juga dalam pengawasan orang dewasa, agar bisa meminimalisir angka negatif terhadap pengaruh sekitar kita.

Perlukah penggunan teknologi di era ini?

Semakin tinggi ilmu seseorang maka pola berpikirnya pun akan luas dalam menyikapi permasalahan yang mungkin besar menurut kalangan awam, banyak beberapa pakar di bidangnya menuangkan pendapatnya demikian, mungkin kita tidak bisa terbantu tanpa kemudahan era masa kini, dengan beraneka ragam informasi dan publikasi yang kita butuhkan, bahkan sebagian dari mereka berasumsi bahwa teknologi itu sumber dari segala kehidupannya.
Nadiem Anwar Makarim B.A., M.B.A. Menteri Pendidikan pernah mengajukan pendapatnya mengenai perkembangan teknologi di masa ini menjadi sebuah keharusan dalam individu agar kelak masyarakat Indonesia tidak jatuh dalam gaptek (gagap teknologi). Maka dari itu, pada masa 2020 silam hampir seluruh negara, diantaranya negara kita memberlakukan sistem pembelajaran secara daring, guna mempermudah para pelajar atau mahasiswa dalam memperoleh ilmu pada masa covid 19 lalu. Dari sistem yang diterapkan oleh Menteri Pendidikan ini bisa diartikan bahwa teknologi menjadi suatu keharusan bagi personal dalam membangun kehidupan yang lebih mudah dan intensif.

Pentingkah teknologi dalam pengaruh sifat seseorang?

Sebagaimana sudah disinggung diatas mengenai pengawasan teknologi, maka terkait watak seseorang juga tergantung bagaimana ia pandai dalam mengaplikasikan teknologi, karena disamping lingkungan sekitar yang menjadi faktor primer dalam membangun sifat seseorang, teknologi juga sebagai faktor sekunder dalam hal ini. Oleh karena itu, pandailah dalam mengatur teknologi di kehidupan sehari hari. Bagi orangtua, jagalah anak dengan mengawas keseharian anaknya di bidang teknologi.

baca juga : Pentingnya Sosok Ibu dalam Meningkatkan Kejiwaan Seorang Anak

Penulis : Ahmad Jazuli

Santri at Pondok Pesantren Al-Khoirot | + posts

Calon mahasiswa Al-Azhar Cairo. Asal Palangkaraya, kini masih menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang, penikmat lagu arab dan sholawat

Avatar

Ahmad Jazuli

Calon mahasiswa Al-Azhar Cairo. Asal Palangkaraya, kini masih menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang, penikmat lagu arab dan sholawat