Bahsul MasailBuletinKeislaman

Buletin Bahtsul Masail Al-Khoirot No. 1, Vol. 1, Juli 2023

Buletin Bahtsul Masail Al-Khoirot No. 1, Vol. 1, Juli 2023. Minggu Pertama.

Baca juga: Buletin MA, No. 2, Vol. 1, Juni 2023

Daftar isi

  1. Status Air Keruh
  2. Kesunnahan Siwak
  3. Penghalang masuknya air wudhu
  4. Syarat wajib Mandi
  5. Darah Wanita

STATUS AIR KERUH (GRUP A)

Deskripsi Masalah

Kamar mandi di Pondok Pesantren rata-rata dibangun dengan bak mandi yang menjadi satu (memanjang), contoh di Pondok Pesantren Al-Khoirot yang bak mandinya tidak terpisah antara kamar mandi satu dengan kamar mandi yang lainnya. Dalam kasus ini air yang ada dalm bak mandi tersebut sudah dipastikan lebih dari dua kullah. Namun demikian sangat sulit menjaga air agar tetap bening, terlebih lagi ada santri yang terkadang mencuci baju kemudian di bilas langsung ke dalam bak mandi yang menyebabkan air berubah warna. Belum lagi faktor-faktor lain yang menyebabkan air dalam bak mandi menjadi keruh atau berubah warna.

Pertanyaan

Bagaimana status air tersebut?

Jawaban

Dalam kasus ini, status air masih dikategorikan air mutlak dan hukumnya suci dan mensucikan.

Selengkapnya, lihat di file pdf di atas.

+ posts

Bahtsul Masail adalah kegiatan ilmiah keislaman dalam memberi solusi atas permasalahan aktual keseharian di tengah masyarakat dengan merujuk pada literatur Islam klasik dan kontemporer dalam bidang kajian fikih Syafi'iyah khususnya dan fikih mazhab empat secara umum.

Aktivitas ini dilakukan seminggu sekali yang diikuti oleh santri senior Al-Khoirot mulai dari kelas Madin tingkat Ibtidaiyah (kelas 5 dan 6), tingkat Tsanawiyah dan Ma'had Aly. Hasil pembahasan selalu diterbitkan secara mingguan dalam bentuk Buletin (newsletter) untuk memberi manfaat pada umat Islam secara lebih luas.

Pembaca situs ini dapat mengajukan pertanyaan keagamaan aktual untuk dibahas bersama. Kirim pertanyaan via WA ke : 0858-9544-2276

Avatar

Redaksi Bahsul Masail

Bahtsul Masail adalah kegiatan ilmiah keislaman dalam memberi solusi atas permasalahan aktual keseharian di tengah masyarakat dengan merujuk pada literatur Islam klasik dan kontemporer dalam bidang kajian fikih Syafi'iyah khususnya dan fikih mazhab empat secara umum. Aktivitas ini dilakukan seminggu sekali yang diikuti oleh santri senior Al-Khoirot mulai dari kelas Madin tingkat Ibtidaiyah (kelas 5 dan 6), tingkat Tsanawiyah dan Ma'had Aly. Hasil pembahasan selalu diterbitkan secara mingguan dalam bentuk Buletin (newsletter) untuk memberi manfaat pada umat Islam secara lebih luas. Pembaca situs ini dapat mengajukan pertanyaan keagamaan aktual untuk dibahas bersama. Kirim pertanyaan via WA ke : 0858-9544-2276