Bahsul MasailKeislaman

Makmum Ketinggalan Baca Fatihah saat Salat Berjamaah

Makmum Ketinggalan Baca Fatihah saat Salat Berjamaah

Sail : Redaksi Bahtsul Masail

Deskripsi Masalah

Amin seorang santri yang rajin berjamaah, suatu hari Amin terburu-buru ke masjid untuk melaksanakan sholat jamaah, ia takut ketinggalan jamaah. Saat rakat pertama berlangsung Amin langsung melaksanakan takbiratul ihrom namun saat Amin membaca Al-Fatihah baru 3 ayat Imam sudah rukuk.

Pertanyaan

Bagaimana sikap Amin? Melanjutkan Al-Fatihah atau Mengikuti Imam Rukuk?

Jawaban

Pada dasarnya keduanya termasuk kewajiban bagi seorang makmum yakni membaca Al-Fatihah dan Mengikuti Imam. Pada kasus tersebut maka ditafsil, jika cukup melanjutkan bacaan Al-Fatihah (cukup dalam artian tidak sampai ketinggalan rukun) maka dilanjutkan. Namun jika berpotensi ketinggalan rukun maka mengikuti Imam rukuk.

Menurut sebagian pendapat ulama jika ada makmum belum sempat menyelesaikan fatihahnya, makmum tersebut tinggal mengikuti imam ruku’ dan gugurlah sisa dari bacaan fatihahnya sedang menurut pendapat yang shahih makmum harus menyempurnakan fatihahnya.

Referensi

المنهاج للنووي ج 1 ص 53

وَإِنْ كَانَ بِأَنْ أَسْرَعَ قِرَاءَتَهُ وَرَكَعَ قَبْلَ إتْمَامِ الْمَأْمُومِ الْفَاتِحَةَ فَقِيلَ يَتْبَعُهُ وَتَسْقُطُ الْبَقِيَّةُ، وَالصَّحِيحُ يُتِمُّهَا وَيَسْعَى خَلْفَهُ مَا لَمْ يُسْبَقْ بِأَكْثَرَ مِنْ ثَلَاثَةِ أَرْكَانٍ مَقْصُودَةٍ، وَهِيَ الطَّوِيلَةُ. فَإِنْ سُبِقَ بِأَكْثَرَ. فَقِيلَ يُفَارِقُهُ، وَالْأَصَحُّ يَتْبَعُهُ فِيمَا هُوَ فِيهِ ثُمَّ يَتَدَارَكُ، بَعْدَ سَلَامِ الْإِمَامِ، وَلَوْ لَمْ يُتِمَّ الْفَاتِحَةَ لِشُغْلِهِ بِدُعَاءِ الِافْتِتَاحِ فَمَعْذُورٌ، هَذَا كُلُّهُ فِي الْمُوَافِقِ.

Baca Juga : Sholat sunnah tapi punya hutang sholat wajib

+ posts

Bahtsul Masail adalah kegiatan ilmiah keislaman dalam memberi solusi atas permasalahan aktual keseharian di tengah masyarakat dengan merujuk pada literatur Islam klasik dan kontemporer dalam bidang kajian fikih Syafi'iyah khususnya dan fikih mazhab empat secara umum.

Aktivitas ini dilakukan seminggu sekali yang diikuti oleh santri senior Al-Khoirot mulai dari kelas Madin tingkat Ibtidaiyah (kelas 5 dan 6), tingkat Tsanawiyah dan Ma'had Aly. Hasil pembahasan selalu diterbitkan secara mingguan dalam bentuk Buletin (newsletter) untuk memberi manfaat pada umat Islam secara lebih luas.

Pembaca situs ini dapat mengajukan pertanyaan keagamaan aktual untuk dibahas bersama. Kirim pertanyaan via WA ke : 0858-9544-2276

Avatar

Redaksi Bahsul Masail

Bahtsul Masail adalah kegiatan ilmiah keislaman dalam memberi solusi atas permasalahan aktual keseharian di tengah masyarakat dengan merujuk pada literatur Islam klasik dan kontemporer dalam bidang kajian fikih Syafi'iyah khususnya dan fikih mazhab empat secara umum. Aktivitas ini dilakukan seminggu sekali yang diikuti oleh santri senior Al-Khoirot mulai dari kelas Madin tingkat Ibtidaiyah (kelas 5 dan 6), tingkat Tsanawiyah dan Ma'had Aly. Hasil pembahasan selalu diterbitkan secara mingguan dalam bentuk Buletin (newsletter) untuk memberi manfaat pada umat Islam secara lebih luas. Pembaca situs ini dapat mengajukan pertanyaan keagamaan aktual untuk dibahas bersama. Kirim pertanyaan via WA ke : 0858-9544-2276