Umum

Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Oleh: Muhammad Hamdani

Kelas: X Ipa

Sakit adalah kondisi yang sangat umum bagi semua kalangan,baikdari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas,karena pasti pada masing-masing manusia merasakan yang dinamakan dengan sakit, mulai dari sakit yang paling ringan seperti batuk, demam,flu,sembelit,dll hingga penyakit yang parah.namun pernahkah pembaca sekalian mengira bahwa pada dunia ini terdapat penyakit yang sangat ganas bahkan melebihi ganasnya seekor singa?apakah penyakit tersebut?penyakit2 tersebut adalah sebagai berikut:

  • Serangan jantung.

Serangan jantung merupakan penyakit yang digelari sebagai juara bertahan dari berbagai penyakit mematikan di dunia oleh world health organization(W.H.O),karena berdasarkan laporan data jumlah kematian sejak tahun 2000 hingga data yang terbaru pada tahun 2019 kemarin,serangan jantung di perkirakan telah merengggut 8,9% dari total keseluruhan umat manusia dengan jangka waktu 1 tahun.

  • Stroke.

Penyakit stroke adalah penyakityang masih sukar untuk disembuhkan baik melalui pengobatan alternatif maupun melalui cara medis(ilmu kedokteran.)karena kinerja penyakit ini menggunakan cara penyumbatan serta kerusakan pada bagian otak tertentu,yang menyebabkan kekurangan oksigen pada batas kapasitas optimal darah pada bagian otak tersebut.stroke dalam beberapa tahun ini mendapati rangking ke 2 dengan mencetak rekor dengan kalkulasi kematian 11% dalam jangka waktu 1 dekade terakhir ini.

  • PPOK (penyakit paru obstruktif kronik).

PPOK pada umumnya di derita oleh paru orang yang mengkonsumsi rokok,menurut penelitian oleh ilmuan WHO menyatakan pemicu dari penyakit PPOK kebanyakan ditimbulkan oleh asap pembakaran yang berasal dari zat2 atau bahan2 yang ada pada rokok itu sendiri,dan total nyawa yang diangkut ke akhirat olehnya mencapai angka 6% per tahunnya dari keseluruhan populasi di dunia.

  • ARDS (acute respiratory distress syndrome).

ARDS merupakan suatu kondisi paru2 yang mengeras dan berisi air yang menyebabkan kegagalan pada system pernapasan,peradangan akibat ARDS ini juga mengakibatkan rusaknya kantung2 udara pada paru2 atau disebut dengan alveolus.penyakit ini sukar disembuhkan karena berada pada salah satu system vital dalam tubuh yaitu system pernapasan dan bagi penderita penyakit ini masih dapat brtahan hiduup jika menggunakan alat bantu pernapasan mekanik modern.paada setiap tahunnya ARDS setidsknya mampu merenggut 1,8 juta manusia setiap tahunnya.

  • AIDS (Acired Immune Deficiency Syndrome)

Pada penyakit satu ini pastinya para pembaca sekalian pasti mengetahui apa itu AIDS dan apa virus penyebabnya? Ya… sangat benar sekali,AIDS adalah gejala penyakit sebab turunya system kekebalan tubuh dan penyebab AIDS adalah virus (HIV),penyebaran penyakit ini dapat melalui:

  1. Hubungan intim dengan penderitanya.
  2. Menggunakan jarum bekas penderitanya.
  3. Tranfusi darah yang mengandung virus HIV
  4. Ibu yang menderita AIDS kepada anaknya.

Menurut data kementerian kesehatan pada oktober tahun 2013 menunjukkkan bahwa jumlah inveksi HIV dilaporkan mencapai 10.203 kasus dan bahkan PBB pada bagian anak,UNICEF menyatakan bahawa jumlah penderita HIV mulai dari tahun 2005 hingga 2012 terdapat 181.000 jumlah jiwa yang meninggal pada usia 10 dan usia 19 tahun dikarenakan penyakit ini.

  • Hemofilia.

Menurut suryo 2011:206,hemofilia merupakan sebuah pemyakit turunan yang mengakibatkan apabila pada penderita trejadi luka atau sobekan maka darah dari luka atau sobekan tersebut sukar untuk membeku, jika biasanya luka tersebut dapat membeku dengan kurun waktu 5-7 menit akan tetapi dikarenakan penyakit ini darah tersebut hanya bisa membeku dengan kurun waktu 50 menit hingga kurun waktu 2 jam.sehingga hal tersebutlah yang membuat banyak penderitanya meninggal karena kehabisan darah.penyakit ini pertama kali dibawa oleh ratu victoria yang merupakan keluarga kerajaan inggris.

Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan dengan cara menkonsumsi makanan yang memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna dan selalu rajin berolah raga serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita,agar selalu terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat menggangu kelangsungan hidup kita. See you next time

Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Buletin MA Al-Khoirot ditulis dan diterbitkan oleh para siswa tingkat SLTA program Madrasah Aliyah Al-Khoirot. Sebuah lembaga yang terakreditasi (diakui pemerintah) dan berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Lebih detail, klik di sini!

Para siswa MA Al-Khoirot seluruhnya terdiri dari para santri Ponpes Al-Khoirot (PPA). Karena, syarat masuk MA Al-Khoirot adalah menjadi santri di PPA.

Avatar

Redaksi MA Al-Khoirot

Buletin MA Al-Khoirot ditulis dan diterbitkan oleh para siswa tingkat SLTA program Madrasah Aliyah Al-Khoirot. Sebuah lembaga yang terakreditasi (diakui pemerintah) dan berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Lebih detail, klik di sini! Para siswa MA Al-Khoirot seluruhnya terdiri dari para santri Ponpes Al-Khoirot (PPA). Karena, syarat masuk MA Al-Khoirot adalah menjadi santri di PPA.