Pendidikan

Pelaksanaan AMBK MTs Al-Khoirot 2023

Menurut wawancara yang kami lakukan, selaku tim redaksi kepada Bapak Zamhari M.Pd sebagai Wakakur MTs AL-Khoirot, tujuan diselenggarakanya ujian AMBK
adalah meningkatkan kualitas pelajar sebagai salah satu syarat kelulusan. Panitia telah bekerja sesuai tugas masing masing dengan prosedur yg sudah ditetapkan.

Dalam setiap ujian AMBK, panitia sudah berusaha meningkatkan kualitas dan ketertiban ujian, dengan cara mengevaluasi proses pelaksanaan ujian AMBK setiap tahunya. Karena hanya sebagian siswa yang belum mampu untuk mengoperasikan perangkat komputer. Sebelum melakukan ujian, Tim panitia mengadakan simulasi ujian untuk membiasakan siswa menghadapi ujian yang sebenarnya,sehingga siswa dapat melaksanakan ujian dengan lancar dan minim kendala.

Untuk perihal bagaimana proses simulasi tersebut berjalan, tim panitia menggunakan aplikasi yang bernama “Candy School”. Mengapa memilih “Candy School”? Karena aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan AMBK dalam berbagai bentuk soal,mulai dari pilihan ganda biasa, kompleks, mencocokkan/menjodohkan,benar salah,sampai soal uraian.

Berikut merupakan hasil wawancara yang kami lakukan terhadap salah satu peserta AMBK tahun ini.

Pewawancara:
Dalam pelaksanaan AMBK tahun ini, apakah saudara menemukan kesulitan saat mengerjakan asesmen tersebut?

Farel peserta AMBK :
Ada, saya merasakan kesulitan saat menjawab soal jenis pilihan ganda dan benar salah.

Pewawancara:
Sebelum dilaksanakan AMBK ini, adakah hal-hal yang dilakukan supaya tidak terlalu sulit untuk mengerjakan soal?

Jawaban:

Dengan cara membuka kembali materi pembelajaran yang akan diujikan, belajar dengan teman sebelum ujian…ya begitulah.

Pewawancara:
Untuk pelaksanaan AMBK pada tahun ini MTs AL-Khoirot tidak lagi menggunkan kertas sebagai sarana untuk mengerjakan soal asesmen melainkan sudah memakai perangkat komputer, apakah dalam pelaksnaanya adik mengalami kesuliatan dalam mengoperasikan komputer tersebut?

Jawaban:
Alhamdulillah tidak ada, karena saya dan teman teman sudah melakukan simulasi mengerjakan soalasesmen sebelumnya.

Buletin MTs Al-Khoirot ditulis dan diterbitkan oleh para siswa tingkat SLTP program Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot. Sebuah lembaga terakrediasi (diakui pemerintah) yang berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Lebih detail, klik di sini!

Para siswa MTs Al-Khoirot seluruhnya terdiri dari para santri Ponpes Al-Khoirot (PPA). Karena, syarat masuk MTs Al-Khoirot adalah menjadi santri di PPA.

Avatar

Redaksi MTs Al-Khoirot

Buletin MTs Al-Khoirot ditulis dan diterbitkan oleh para siswa tingkat SLTP program Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot. Sebuah lembaga terakrediasi (diakui pemerintah) yang berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Lebih detail, klik di sini! Para siswa MTs Al-Khoirot seluruhnya terdiri dari para santri Ponpes Al-Khoirot (PPA). Karena, syarat masuk MTs Al-Khoirot adalah menjadi santri di PPA.