Umum

Apa lubang hitam terbesar?

oleh : A.Farzan Esfandiar Syuhud

kelas 8C

Lubang Hitam adalah bagian dari ruang waktu yg merupakan gravitasi terkuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur darinya. Lubang hitam ini bernama TON 618 dan lubang hitam ini merupakan lubang hitam supermasif terbesar yg pernah ditemukan para ilmuan. TON 618 berjarak 18,2 miliyar tahun dari bumi. Para astronom pertama kali menemukan monster ini pada tahun 1957 dari observatorium yg berada di Meksiko. Lubang hitam ini memiliki massa (berat) 66 kali lebih berat dari matahari kita. Menjadikan TON 618 menjadi salah satu lubang hitam terbesar yg pernah ditemukan ilmuan. TON 618 berdiameter sekitar 390 KM atau sekitar 40 kali jarak dari matahari ke neptunus. Ukurannya yg luar biasa masif bahkan akan memuat tata surya kita sangat- sangat kecil. TON 618 bahkan 140 triliun kali lebih terang dari matahari kita, bayangkan kita melihat TON 618 secara langsung dengan mata telanjang akan seperti apa nasib mata kita, kita melihat matahari secara langsung saja mata kita terasa seperti akan buta.

+ posts

Buletin MTs Al-Khoirot ditulis dan diterbitkan oleh para siswa tingkat SLTP program Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot. Sebuah lembaga terakrediasi (diakui pemerintah) yang berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Lebih detail, klik di sini!

Para siswa MTs Al-Khoirot seluruhnya terdiri dari para santri Ponpes Al-Khoirot (PPA). Karena, syarat masuk MTs Al-Khoirot adalah menjadi santri di PPA.

Avatar

Redaksi MTs Al-Khoirot

Buletin MTs Al-Khoirot ditulis dan diterbitkan oleh para siswa tingkat SLTP program Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot. Sebuah lembaga terakrediasi (diakui pemerintah) yang berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Lebih detail, klik di sini! Para siswa MTs Al-Khoirot seluruhnya terdiri dari para santri Ponpes Al-Khoirot (PPA). Karena, syarat masuk MTs Al-Khoirot adalah menjadi santri di PPA.