Umum

Kepik, Berbau busuk!

oleh : Yusuf Royyan

kelas 8A

Adakah diantara kalian yang pernah dengan tidak sengaja mencium kentut temanmu? Apakah kalian senang jika ada di antara temanmu yg kentut sembarangan tempat? Tentu saja jawabannya tidak. Kentut yg dikeluarkan teman kalian atau kalian sendiri berbau tidak sedap dan mungkin kalian akan menjauhi teman kalian yang suka kentut sembarangan.

Tapi lain dengan kepik yg berbau busuk. Kepik ini juga akan kentut yg mana baunya sangat tidak sedap. Namun, kepik jenis ini tidak mengeluarkan kentutnya sembarangan. Kepik akan mengeluarkan kentutnya dan akan menyemprotkan suatu cairan dari lubang tubuhnya jika ada musuh yg terancam. Cairan itu akan berubah menjadi kabut yg baunya sangat busuk. Serangga lain (musuh) yg menghirupnya akan gemetar dan lari. Selain untuk mempertahankan dirinya, cairan ini akan dikeluarkan untuk melindungi anak-anaknya dari musuh atau pemangsa, seperti semut dan laba-laba.

Bau busuk yang dikeluarkan kepik juga berfungsi untuk memperingatkan kepik lain (tanda bahaya) dengan itu kepik lain akan tahu bahwa ada musuh di wilayah itu. Jika ada salah satu kepik diserang, maka kepik lain akan lari secepat mungkin karena mencium bau bahaya itu. Namun bau busuk yg dikeluarkan kepik dari lubang penyemprot yang ada didekat kaki tengah-nya itu tedak mempan pada belalang sembah, ayam, ataupun katak.

+ posts

Buletin MTs Al-Khoirot ditulis dan diterbitkan oleh para siswa tingkat SLTP program Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot. Sebuah lembaga terakrediasi (diakui pemerintah) yang berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Lebih detail, klik di sini!

Para siswa MTs Al-Khoirot seluruhnya terdiri dari para santri Ponpes Al-Khoirot (PPA). Karena, syarat masuk MTs Al-Khoirot adalah menjadi santri di PPA.

Avatar

Redaksi MTs Al-Khoirot

Buletin MTs Al-Khoirot ditulis dan diterbitkan oleh para siswa tingkat SLTP program Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot. Sebuah lembaga terakrediasi (diakui pemerintah) yang berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Lebih detail, klik di sini! Para siswa MTs Al-Khoirot seluruhnya terdiri dari para santri Ponpes Al-Khoirot (PPA). Karena, syarat masuk MTs Al-Khoirot adalah menjadi santri di PPA.