Umum

ALEXANDER THE GREAT

Oleh: Muhammad Riski Irfansyah

Kelas: XII Keagamaan

Alexander lahir pada tanggal 20 juni 356 SM,diPeila, ibukota Macedonia .dia adalah anak dari pasangan raja Macedonia Philip II dengan putri Olympias dari epirus,saat dia masih kecil ia menyaksikan bagaimana ayahnya memperkuat pasukan Macedonia dan memenangkan pertempuran di wilayah Balkan tahun 340SM, Philip mengumpulkan tentara yang sangat besar untuk menyerang Byzantium ketika itu raja Philip menyerahkan tahta sementara waktu kepada Alexander yang masih berusia 16 tahun.raja Philip meninggal pada tahun 336 SM karena dibunuh oleh pembunuh gelap saat pernikahan putrinya.saat itu Alexander masih berusia 20 tahun, kemudian ia naik tahta untuk menggantikan ayahnya.setelah kematian ayahnya kota-kota di Yunani yang dulunya tunduk kepada Macedonia seperti Athena dan Thebes memberontak,melihat situasi ini Alexander pun menggagalkan pemberontakan tersebut.pada tahun berikutnya  terjadi pemberontakan lagi sehingga menghancurkan Thabes dan menjual penduduknya sebagai budak,kemudian pada tahun 335SM ia menyerang Persia dengan 42 ribu.selama 2 tahun berikutnya Alexander memenangkan berbagai pertempuran melawan pasukan Persia dan mengalahkan raja Persia Darius III yang akhirnya meminta damai dengan menawarkan wilayah dan hartanya namun Alexander menolaknya.

Ketika di Babilonia ,Alexander tiba-tiba mengalami sakit yang parah hingga sebelas hari hingga akhirnya meninggal di usia 33 tahun pada tanggal 10 juni tahun 323 SM. Pada saat Alexander meninggal, luas wilayah kekuasaannya berkembang menjadi 50 kali lipat lebih besar dari pada saat diwarisi ayahnya.wilayah kekuasaannya mencakup 3 Benua yaitu Eropa,Afrika dan Asia. Sehingga alexander menyebabkan perpaduan kebudayaan Yunani,mediterania ,Mesir,dan Persia yang kemudian disebut dengan kebudayaan Hellenisme,bahkan Helenisme sampai ke India dan China ,khusus diChina pengaruh kebudayaan ini dapat ditelusuri dari artefak yang ditemukan di Tunhuang.

Selama masa ekspansi kekuasaannya ,Alexander juga mendirikan beberapa kota yang semua diberi nama sesuai dengan namanya sendiri contoh Alesandra atau Alexandroupolis,dan kota yang bernama Alexandria ini sangat terkenal di Mesir,dan kota ini memiliki perpustakaan yang sangat lengkap dan mampu bertahan hingga 1000 tahun,dan saat masa itulah kota tersebut menjadi pembelajaran terhebat di dunia,dan saat itulah Alexander diberi gelar The Great atau agung karena kehebatannya sebagai seorang raja dan pemimpin perang serta keberhasilannya menaklukan wilayah-wilayah yang sangat luas hanya dalam waktu sepuluh tahun.

Kesimpulan

Dari kisah ini kita bisa melihat bahwa Allah SWT telah menitipkan kekuasaan kepada hamba-hambanya dengan sedemikian hebatnya,kebesaran alexander adalah cerminan dari sifat keagungan dan kemuliaan Allah SWT.meskipun begitu,Alexander tetap merasa bahwa yang diberikan Allah kepadanya hanyalah titipan yang suatu saat akan diambil oleh Allah .

Buletin MA Al-Khoirot ditulis dan diterbitkan oleh para siswa tingkat SLTA program Madrasah Aliyah Al-Khoirot. Sebuah lembaga yang terakreditasi (diakui pemerintah) dan berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Lebih detail, klik di sini!

Para siswa MA Al-Khoirot seluruhnya terdiri dari para santri Ponpes Al-Khoirot (PPA). Karena, syarat masuk MA Al-Khoirot adalah menjadi santri di PPA.

Avatar

Redaksi MA Al-Khoirot

Buletin MA Al-Khoirot ditulis dan diterbitkan oleh para siswa tingkat SLTA program Madrasah Aliyah Al-Khoirot. Sebuah lembaga yang terakreditasi (diakui pemerintah) dan berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Lebih detail, klik di sini! Para siswa MA Al-Khoirot seluruhnya terdiri dari para santri Ponpes Al-Khoirot (PPA). Karena, syarat masuk MA Al-Khoirot adalah menjadi santri di PPA.