Sport

Messi Membawa Argentina Juara Dunia, Perdebatan Siapa yang Terbaik Telah Usai?

Perdebatan siapa yang layak disematkan sebagai yang terbaik sepanjang masa di dunia sepak bola memang tidak ada hentinya. Sebutan The Great Of All Time (GOAT) berhubungan dengan rivalitas dua pemain sepak bola terbaik abad ini yaitu Cristiano Ronaldo dan Leonel Messi. Sebutan GOAT bagi keduanya bukan tanpa dasar, julukan itu disematkan karena keduanya mampu tampil konsisten sebagai pemain sepak bola selama 20 tahun lamanya. Akan tetapi pada akhirnya perdebatan siapa yang terbaik ditutup oleh pencapaian Messi yang membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 Qatar.

Bagaimana statistik keduanya selama berkarir di dunia sepak bola profesional?

Pencapaian Level Klub, Negara, dan Individu

Leonel Messi

Selama berkarir sebagai pemain sepak bola profesional Messi bermain untuk dua klub yaitu Barcelona  dan Paris Saint Germain. Selama berkarir di level klub Messi banyak mengoleksi banyak trofi bergengsi yaitu La Liga, Copa Del Rey, Liga Champions , hingga Piala Dunia antar Klub, dan dua gelar liga bersama PSG.

Sedangkan di level Negara Messi sudah melengkapi koleksi tropi yang ditoreh yaitu Copa Amerika 2021, Finalissima 2022, dan puncaknya yaitu mengantarkan tim tanggo sebagai kampiun Piala Dunia Qatar 2022.

Untuk level individu Leonel Messi mengoleksi tujuh tropi Ballon D’or, The best FIFA Men’s Player, Predikat Pemain Terbaik Piala Dunia, Golden Boot, dan lain – lain.

Torehan goal Messi juga tak kalah fantastik yaitu 706 gol di level klub dari 863 pertandingan dan 96 gol untuk Argentina dari 179 pertandingan yang dijalani disemua ajang.

Cristiano Ronaldo

Pencapaian Ronaldo tidak kalah moncer dari pada Messi. Ronaldo selama berkarir di empat klub yang berbeda yaitu Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus.

Selama berkarir di empat klub tersebut Ronaldo mengoleksi tropi Premer League, La Liga, Seri A, Piala Liga Inggris, Piala FA, Copa Del Rey, Coppa Italia, Piala Super Portugal, Community Shield, Super Spanyol, Piala Super Italia, UEFA Champions League, hingga Piala Dunia Antar Klub.

Sedangkan di level Timnas Ronaldo sukses mengawinkan dua tropi bergengsi yaitu Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2019.

Untuk level individu Cristiano Ronaldo juga tidak kalah moncer dengan pencapaian Messi diantaranya lima tropi Ballon D’or, The Best FIFA Men’s Player, hingga tiga kali UEFA Best Player in Europe.

Untuk urusan mencetak gol Cristiano Ronaldo adalah jagonya. Selama berkarir sebagai pemain sepak bola dia sudah menorehkan 701 gol bersama klub dari 951 pertandingan. Sedangkan di level Timnas, Ronaldo menjadi top skor sepanjang masa level Timnas setelah memecahkan rekor gol legenda Timnas Iran yaitu Ali Daei dengan catatan 109 gol sedangkan Ronaldo 118 gol.

Dari torehan kedua pemain tersebut para pencinta sepak bola menganggap Piala Dunia sebagai puncak penentuan siapa yang layak menyandang gelar The Great Of All Time (GOAT) sesungguhnya dan itu dimenangkan oleh Messi dengan Argentina. Leonel Messi diibaratkan orang yang sedang bermain suatu permainan dan menamatkannya.

Baca juga : The real GOAT menurut Coach Dustin

Website | + posts

Halo! Saya Junaidi. Salah satu mahasantri Ma’had A’ly Madrasah Al-Khoirot. Telah menyelesaikan jenjang Madrasah Diniyyah Ibtidaiyyah dan Madrasah Diniyyah Tsanawiyyah Al-Khoirot yang ditempuh selama 8 tahun.

Avatar

Junaidi

Halo! Saya Junaidi. Salah satu mahasantri Ma’had A’ly Madrasah Al-Khoirot. Telah menyelesaikan jenjang Madrasah Diniyyah Ibtidaiyyah dan Madrasah Diniyyah Tsanawiyyah Al-Khoirot yang ditempuh selama 8 tahun.