Sport

SEJARAH NEGARA ASIA TERCIPTA PADA PIALA DUNIA QATAR 2022

Sejarah tercipta bagi negara Asia terjadi di Piala Dunia Qatar 2022. Untuk pertama kali tiga tim Asia berada di babak gugur 16 besar piala dunia. Tiga negara tersebut adalah Australia, Jepang, dan Korea Selatan. Perjalanan tiga negara tersebut ke babak gugur terbilang tidak mudah karena menjadi tim yang tidak diunggulkan lolos ke putaran 16 besar dari grup masing-masing.

Australia tergabung di grup D bersama Denmark, Perancis, dan Tunisia. Melihat peta kekuatan grup tersebut Australia memang tidak diunggulkan maju ke babak gugur 16 besar. Australia kalah di pertandingan pertama melawan sang juara bertahan Perancis. Pada pertandingan ke dua Astralia menang tipis atas Tunisia dengan skor 1- 0. Berlanjut ke pertandingan terakhir secara mengejutkan Australia mengalahkan Denmark dengan skor tipis 1-0. Denmark sebenarnya diunggulkan lolos bersama Perancis di grup ini karena pejalanan gemilang yang dilalui di kualifikasi piala dunia zona Eropa yang hanya mengalami satu kekalahan saja dalam sepuluh pertandingan kualifikasi. Dengan cacatan tersebut Australia menempati peringkat ke dua grup dan lolos ke putaran 16 besar bersama Perancis.

Negara Asia kedua yang lolos ke putaran 16 belas besar Piala Dunia Qatar 2022 yaitu Jepang. Jepang tergabung di grup E bersama Jerman, Spanyol, dan Kostarika, grup ini merupakan grup neraka karena diisi oleh negara yang pernah mencicipi juara Piala Dunia edisi sebelumnya yaitu Jerman dengan 4 gelar juara dunia dan Spanyol yang menjadi juara dunia pada tahun 2010. Pada pertandingan pertama Jepang berhadapan dengan juara dunia 2014 Jerman. Jepang yang tidak diunggulkan menang diprediksi bermain bertahan pada pertandingan tersebut, akan tetapi yang ditampilkan tidak demikian karena Jepang mampu bermain lepas meskipun Jerman menguasai pertandingan sehingga secara mengejutkan Jepang mampu mecundangi Jerman dan berhasil menang dengan skor 2-1. Di pertandingan ke dua melawan Kostarika, Jepang yang diprediksi menang mudah justru mengalami kekalahan pada laga tersebut dengan skor 1-0, hasil ini membuat kans Jepang untuk lolos sangat berat karena pada pertandingan terakhir harus menang melawan Spanyol. Pada pertandingan melawan Spanyol, Jepang sebenarnya tidak diunggulkan karena lawan yang dihadapi adalah Spanyol. Pada babak pertama Jepang kalah 1-0 setelah Alvaro Morata mencetak gol ke gawang Jepang, Pada babak ke dua Spanyol dikejutkan oleh gol Ritsu Doan dan pada menit ke 51 Jepang berbalik unggul melalui gol yang dianggap kontroversial karena sebelum terjadi gol bola sudah dianggap keluar, akan tetapi wasit dibantu VAR tetap mengesahkan gol yang dicetak oleh Ao Tanaka. Dengan hasil tersebut Japang mampu menjadi juara grup E dan lolos ke 16 besar bersama Spanyol.

Negara Asia terakhir yang lolos ke putaran 16 besar adalah Korea Selatan. Perjalanan lolos Korea Selatan terbilang sangat berat bahkan kelolosan Korea Selatan ke babak gugur harus ditentukan di partai terakhir penyisihan grup. Korea Selatan tergabung di grup H bersama Ghana, Portugal, dan Uruguay. Dalam grup ini Korea Selatan juga tidak diunggulkan ketimbang tiga negara kontestan lain dalam grup. Pada pertandingan pertama melawan Uruguay, Korea Selatan mengimbangi permainan Uruguay akan tetapi tidak terjadi satupun gol dalam pertandingan tersebut sehingga kedua negara harus puas berbagi poin. Berlanjut pertandingan ke dua melawan Ghana wakil Afrika ini melumat Korea Selatan, meskipun Korea Selatan sempat menyamakan kedudukan tapi pada akhir laga Korea Selatan tetap takluk dengan skor 3-2. Dengan hasil tersebut peluang Korea Selatan lolos ke babak gugur semakin berat dan bergantung kepada hasil Uruguay Vs Ghana di pertandingan terakhir. Pada pertandingan terakhir melawan Portugal, Korea Selatan menurunkan skuad terbaiknya untuk mengejar lolos ke babak selanjutnya. Pada pertandingan babak pertama Purtugal sempat unggul melalui gol yang dicetak oleh Ricardo Horta di menit ke- 5 kemudian dibalas gol yang diciptakan oleh Kim Young Gwon pada menit ke- 27 dan menutup babak pertama dengan skor 1-1. Dipertandingan lain Uruguay berhasil menang di babak pertama melawan Ghana dengan skor sementara 2-0. Di babak kedua pertandingan ke dua negara berjalan dengan alot, Korea Selatan mengandalkan serangan balik terus menggempur pertahanan Purtugal meskipun kalah dalam penguasaan bola, sampai tambahan waktu pertandingan jelang usai keajaiban didapat oleh Korea Selatan serangan balik cepat mampu dikonversikan menjadi gol oleh H. Hwang pada menit ke- 91 dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Korea Selatan hingga laga usai. Di laga lain antara Uruguay Vs Ghana skor tidak berubah sampai laga usai. Dengan hasil pertandingan terakhir grup H tersebut Korea Selatan lolos ke putaran 16 besar menang selisih gol dari Uruguay meskipun dengan hasil poin sama dan menemani Purtugal ke babak selanjutnya.

Pada babak gugur 16 besar, Australia akan berhadapan dengan Argentina tanggal 04 Desember 2022 di Stadion Ahmad bin Ali Stadium. Jepang akan berhadapan dengan Kroasia pada senin 05 Desember 2022 di Stadion Al- Janoub Stadium. Korea Selatan akan berhadapan dengan Brazil pada selasa 06 Desember 2022 di Stadion Stadium 974 – Ras Abu Aboud. Menarik disimak sejauh mana kiprah negara Asia akan melaju.

Website | + posts

Halo! Saya Junaidi. Salah satu mahasantri Ma’had A’ly Madrasah Al-Khoirot. Telah menyelesaikan jenjang Madrasah Diniyyah Ibtidaiyyah dan Madrasah Diniyyah Tsanawiyyah Al-Khoirot yang ditempuh selama 8 tahun.

Avatar

Junaidi

Halo! Saya Junaidi. Salah satu mahasantri Ma’had A’ly Madrasah Al-Khoirot. Telah menyelesaikan jenjang Madrasah Diniyyah Ibtidaiyyah dan Madrasah Diniyyah Tsanawiyyah Al-Khoirot yang ditempuh selama 8 tahun.

One thought on “SEJARAH NEGARA ASIA TERCIPTA PADA PIALA DUNIA QATAR 2022

  • Avatar Jihan zaenudin

    Mantap

Komentar ditutup.