Sport

Lima gol Haaland membuat sejarah dalam kemenangan 7-0 Man City atas RB Leipzig di Liga Champions.

Erling Haaland membuat sejarah dengan lima gol, termasuk hattrick di babak pertama, untuk mengirim Manchester City ke perempat final dengan kemenangan 7-0 atas RB Leipzig di Stadion Etihad pada Rabu 15 Maret 2023 dini hari WIB. dengan agregat 8-1.

Haaland adalah manusia ketiga setelah Lionel Messi sebagai satu-satunya pemain yang mencetak lima gol di Liga Champions, dan satu lagi ialah Luiz Adriano yang mencetak lima gol dalam pertandingan Liga Champions eropa.

Rekor penyamaannya juga membuat Stiker asal Norwegia itu mencetak 39 gol untuk musim ini untuk memecahkan rekor pencetak gol satu musim City yang sebelumnya dibuat oleh Tommy Johnson pada 1928-29 .

Pertandingan babak 16 besar berjalan seimbang setelah bermain imbang 1-1 di RB Leipzig ย Jerman, tetapi juara Liga Premier, yang dipimpin oleh Haaland, membuat pekerjaan ringan dari Leipzig kembali ke Manchester untuk mencapai perempat final untuk musim keenam berturut-turut.

Dengan City yang dominan di babak awal, Haaland membuat tuan rumah unggul pada menit ke-22 ketika mengonversi penalti setelah melakukan handball kontroversial terhadap bek Leipzig, Benjamin Henrichs .

Kevin De Bruyne , kembali ke lineup awal dan kembali ke performa terbaiknya setelah beberapa dorongan pra-pertandingan dari Pep Guardiola , melepaskan tendangan kaki kiri yang sensasional ke bagian bawah mistar gawang yang diikuti Haaland untuk menyundul ke gawang yang tidak dijaga.

Dengan gol tersebut, Haaland menjadi yang termuda 22 tahun, 236 hari yang mencapai 30 gol Liga Champions.

Pada aksi terakhir babak pertama, Haaland kembali menunjukkan insting predatornya ketika pemain Leipzig Amadou Haidara menghalau bola di luar garis namun langsung mengenai penyerang City setelah sundulan Ruben Dias membentur tiang gawang.

Gol tersebut membuat Haaland menyamai Messi sebagai satu-satunya pemain yang mencetak hattrick di babak pertama dalam pertandingan 16 besar Liga Champions dan menjadi tiga gol pertamanya di kompetisi tersebut sejak ia melakukan debutnya bersama FC Salzburg pada 2019 .

Ilkay Gundogan secara singkat merebut perhatian dari rekan setimnya dengan penyelesaian yang tepat pada menit ke-49 setelah pertukaran yang rapi dengan Jack Grealish tetapi pertunjukan Haaland hanya terhenti sesaat.

Gol keempat dan kelimanya terjadi pada menit ke-53 dan ke-57, keduanya melalui penyelesaian jarak dekat yang ganas, untuk melengkapi lima golnya dalam 57 menit. Itu lebih cepat dari Messi (84 menit) dan Luiz Adriano (82 menit) yang berhasil melakukan hal yang sama.

Dan setelah gagal selama beberapa musim di kompetisi ini, Haaland melakukan segala yang mungkin untuk menyarankan dia bisa menjadi pembuat perbedaan untuk akhirnya mengantarkan gelar Liga Champions ke kota biru Manchester.

City masih punya waktu untuk menyamai rekor kemenangan mereka di kompetisi UEFA ketika De Bruyne mendapatkan hadiahnya untuk penampilan bagus dengan gol tak terbendung di menit akhir untuk menjadikannya 7-0 dan melengkapi kesengsaraan Leipzig dengan kekalahan terbesar mereka di kompetisi Eropa.

+ posts

Asal Mojokerto, mengeyam pendidikan di Malang, dan memiliki hobi sport dan Hiking. ๐Ÿ™‚

Avatar

Dzurrotun Nasihin

Asal Mojokerto, mengeyam pendidikan di Malang, dan memiliki hobi sport dan Hiking. :)