OlahragaSepak Bola

Lolos! Timnas Indonesia Memastikan Tempat di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia

Timnas senior dan masyarakat Indonesia saat ini diliputi euforia yang sangat tinggi. Bagaimana tidak, Timnas senior Indonesia yang dinahkodai oleh pelatih asal korea Shin Tae Yong memastikan diri lolos ke putaran ke tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC pertama kali dalam sejarah dengan format kualifikasi baru. Hal ini dapat dipastikan setelah timas Indonesia melumat tamunya timnas Filiphina di SUGBK.

Tampil dengan kekuatan penuh, Indonesia bermain disiplin sejak awal kick off dimulai. Akan tetapi pertahanan yang solid Filiphina sulit ditembus oleh skuad Garuda julukan timnas Indonesia. Indonesia terus menggempur pertahanan rapat timnas Filiphina namun masih belum bisa mendaratkan bola ke gawang. Hingga pada menit ke- 32 sepakan keras Tom Haye dari luar kotak pinalti membuat jala gawang Filiphina bergetar. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Filiphina mengubah skema permainan dengan tampil lebih agresif dari pada babak pertama. Perubahan skema permainan Filiphina sukses membuat kocar kacir pertahanan timnas Indonesia di awal babak kedua. Akan tetapi barisan pertahanan timnas Indonesia tampil lebih tenang dan disiplin sehingga usaha timnas Filiphina tidak membuahkan hasil. Pertahanan Indonesia digempur habis – habisan tidak membuat serangan timnas mengurung di daerahnya sendiri. Pada menit ke- 56 timnas Indonesia mendapatkan hadiah tendangan bebas, eksekusi yang diambil oleh Nathan dengan mengarahkan bola ke dalam kotak pinalti berhasil disambar oleh Rizky Ridho dan membuahkan gol. Skorpun berubah menjadi 2-0. Skor terus bertahan hingga akhir pertandingan.

Hasil ini membuat timas Indonesia kokoh di posisi 2 klasmen akhir grup F dengan raihan 10 poin, dari hasil 3 menang, 1 imbang, dan 2 kali kekalahan. Hasil ini juga membuat timnas garuda memastikan tempat di babak ke tiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC dan mengamankan tiket Pialas Asia 2027 yang akan diselenggarakan di Arab Saudi. Pada babak ke tiga nanti Indonesia diprediksi masuk dalam pembagia pot 6 undian dan berpotensi bertemu dengan lawan berat seperti Jepang, Korea, Australia, dan lain – lain. Undian pembagian grup rencananya akan diselenggarakan pada 27 Juni 2024 di Malaysia.

junaidi
 | Website

Halo! Saya Junaidi. Salah satu mahasantri Ma’had A’ly Madrasah Al-Khoirot. Telah menyelesaikan jenjang Madrasah Diniyyah Ibtidaiyyah dan Madrasah Diniyyah Tsanawiyyah Al-Khoirot yang ditempuh selama 8 tahun.

Avatar

Junaidi

Halo! Saya Junaidi. Salah satu mahasantri Ma’had A’ly Madrasah Al-Khoirot. Telah menyelesaikan jenjang Madrasah Diniyyah Ibtidaiyyah dan Madrasah Diniyyah Tsanawiyyah Al-Khoirot yang ditempuh selama 8 tahun.