Buku

Resensi Buku: Atomic Habits (Bahasa Indonesia)

James Clear, seorang penulis dan pembicara ternama di bidang “kebiasaan”, menguraikan dalam bukunya bahwa perubahan kecil, atau yang ia sebut sebagai kebiasaan atom, memiliki potensi besar untuk memberikan manfaat signifikan dalam kehidupan. Clear menjelaskan bahwa dalam konteks perubahan perilaku, yang terpenting bukanlah perbaikan sebesar satu persen yang dilakukan sekali, melainkan ribuan perbaikan kecil atau kebiasaan atom yang terus-menerus dilakukan dan menjadi dasar penting dari sebuah sistem.

Dalam bukunya, Clear menyebutkan tiga tahap perubahan: perubahan hasil, perubahan proses, dan perubahan identitas. Cara yang paling efektif untuk mengubah kebiasaan adalah dengan fokus pada identitas yang diinginkan daripada tujuan yang ingin dicapai. Identitas seseorang tercermin dari kebiasaan sehari-hari mereka. Kebiasaan memiliki peran penting karena dapat mengubah pandangan seseorang terhadap diri mereka sendiri.

Clear juga memperkenalkan empat aturan perubahan perilaku yang membantu orang mengubah kebiasaan mereka. Aturan tersebut adalah membuatnya terlihat, menarik, mudah, dan memuaskan. Keempat aturan ini tidak hanya memberikan panduan tentang bagaimana membangun kebiasaan baru, tetapi juga memberikan perspektif menarik mengenai perilaku manusia.

Pertama, perubahan perilaku harus terlihat. Aturan ini sering menggunakan waktu dan tempat sebagai petunjuk untuk membentuk kebiasaan baru pada waktu tertentu. Anda bisa membuat niat dan melaksanakannya.

Kedua, perubahan perilaku harus menarik. Peluang yang menarik memiliki kemungkinan besar untuk menjadi kebiasaan. Ketiga, untuk perubahan perilaku adalah membuatnya mudah. Latihan lebih bermanfaat daripada sekadar merencanakan.

Keempat, perubahan perilaku harus memuaskan. Ini berarti membuatnya menyenangkan, yang dapat meningkatkan kemungkinan perilaku tersebut dilakukan lagi di masa depan.

Buku ini sangat berguna bagi mereka yang ingin mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang positif dan bermanfaat. Clear memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengubah atau menciptakan kebiasaan positif dengan melakukan perubahan kecil secara teratur. Jika Anda ingin menerapkan kebiasaan baru yang positif dan memperbaiki diri sendiri, buku ini sangat membantu.

Buku ini juga berisi kisah nyata dari orang-orang sukses di berbagai bidang yang menggunakan prinsip kebiasaan kecil. Ada atlet peraih medali emas Olimpiade, artis pemenang penghargaan, pemimpin bisnis, dokter yang menyelamatkan nyawa, hingga komedian terkenal.

Namun, meskipun buku ini memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan yang mungkin dirasakan oleh pembaca. Beberapa kalimat dalam buku ini mungkin sulit dipahami sehingga pembaca perlu membaca berulang kali untuk memahaminya. Selain itu, bagi mereka yang tidak menyukai genre buku self-help, mungkin akan merasa buku ini terlalu optimis.

Buku ini pertama kali diterbitkan pada 2019 dan telah terjual lebih dari 5 juta eksemplar di seluruh dunia, serta masuk dalam daftar penjualan terbaik versi New York Times. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam lima puluh bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Minat membacanya? Berikut Atomic Habits terjemah bahasa Indonesia.

Avatar

M. Ainun Najib

Pecinta Vespa klasik, suka otak atik sembarang mulai dari CorelDraw, Adobe Premiere, Photoshop tapi belum pro juga.

One thought on “Resensi Buku: Atomic Habits (Bahasa Indonesia)

  • Wahh. Keren pak najib

Komentar ditutup.