Berita

Perdana! Madin Al-Khoirot Mengadakan Seminar Jurnalistik

Pada hari Sabtu, 22 Juni 2024, Madrasah Diniyah Al-Khoirot kali pertama memfasilitasi santri dengan kegiatan ekstra Seminar Jurnalistik dengan tema “Jurnalisme Sebagai Dakwah: Menggunakan Media untuk Menyebarkan Pesan Positif”. Pelaksanaan seminar ini akan dilaksanakan selama dua hari, mulai 22 hingga 23 Juni 2024.

Bapak Syamsul Huda, Kepala Madrasah Diniyah Al-Khoirot, menyampaikan dalam sambutannya bahwa setelah diadakannya acara seminar jurnalistik ini, diharapkan santri bisa berdakwah di media melalui tulisan.

“Mudah-mudahan dengan adanya agenda ini ke depannya bisa berlanjut dan harapan pengasuh Pondok Pesantren Al-Khoirot, santri Al-Khoirot bisa berdakwah di media sosial,” ujar Bapak Syamsul Huda. “Setelah agenda seminar ini, akan diadakan lomba menulis,” imbuhnya.

Selain itu, Bapak Syamsul Huda menegaskan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi santri saat diberi tugas untuk menulis di Buletin Madin Al-Khoirot.

Ada dua narasumber yang dihadirkan. Narasumber pada hari pertama adalah Muhammad Alfian Afnani, M.Pd., Magister Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Malang sekaligus jurnalis di media berita.com. Narasumber pada hari kedua adalah Achmad Fikyansyah, seorang jurnalis di media online Times Indonesia, satukanal.com, radius.id, dan Jawa Pos Malang.

Narasumber Muhammad Alfian Afnani menyampaikan materi teori jurnalistik kepada santri dengan panjang lebar sembari memberikan pertanyaan kepada peserta dan memberikan hadiah bagi yang bisa menjawabnya.

Perdana! Madin Al-Khoirot Mengadakan Seminar Jurnalistik
Peserta pelatihan jurnalistik

Tampak jelas raut wajah antusiasme santri saat mengikuti kegiatan ini, karena narasumber memberikan materi yang beragam mulai dari pengertian jurnalistik, unsur dan struktur dalam berita, dan lain sebagainya.

Perdana! Madin Al-Khoirot Mengadakan Seminar Jurnalistik
Pemberian cindera mata kepada narasumber

Setelah satu jam memberikan materi, narasumber membuka sesi tanya jawab bersama peserta. Sebelum kegiatan ini ditutup, ada pemberian cendera mata dan akhirnya ditutup dengan doa yang dipimpin oleh salah satu guru Madrasah Diniyah Al-Khoirot.

Selengkapnya lihat di kanal Youtube Al-Khoirot

Avatar

M. Ainun Najib

Pecinta Vespa klasik, suka otak atik sembarang mulai dari CorelDraw, Adobe Premiere, Photoshop tapi belum pro juga.