ArtikelRagam

Bergaul Secara Efektif

Menjadi orang yang menarik dan mudah bergaul itu dambaan semua orang maupun teman-teman sekitar untuk menerima kita dalam pergaulan mereka. Dengan memiliki jiwa yang menarik, akan memperbanyak koneksi dengan rekan-rekan anda sehingga banyak peluang untuk jadi pribadi yang selalu dihormati dan disegani.

Menjadi pribadi yang komunikatif dan mudah gaul itu wajib, namun kita juga harus memperhatikan keadaan agar kita tak salah gaulkarena penyesuaian diri yang akan dibawa ke depannya adalah bagaimana kita memilih pergaulan yang positif. Untuk itu, saya akan share bagaimana sih jadi pribadi yang menarik dan mudah gaul itu??? Yuk kita simak sama-sama, semoga menjadi solusi bagi anda yang ingin memperbanyak koneksi.

  1. Keep Smile (Senyum)

Senyum merupakan andalan utama dalam membangun silaturahmi, dengan tersenyum akan timbul aura yang kebahagiaan secara tiba-tiba, logikanya mudah kok apakah anda suka orang yang ramah senyum atau orang yang suka cemberut?? jawabannya sudha pasti akan pilih orang yang mudah tersenyum. Nah jika hal ini adalah sesuatu yang harus dilakukan cobalah untuk ramah senyum dengan sesama namun yang harus diingat adalah jangan tersenyum sendiri karena akan dianggap orang gila.

  1. Jangan Putus Komunikasi

Membangun koneksi dan memperbanyak silaturahmi adalah hal yang wajib anda lakukan, baik teman lama ataupun teman baru harus kita samakan jangan sampai ada rasa diskriminatif dengan teman sekitar.

Manfaatkan juga media sosial seperti FB, X, Instagram dan medsos lainnya untuk menjalin komunikasi dengan teman baru dan untuk menjaga tali silaturahmi dengan teman atau anggota keluarga yang jauh dari jangkauan anda. Tidak ada salahnya kan banyak teman?? semakin banyak teman semakin banyak juga rezeki yang akan kita dapatkan.

  1. Tetap Optimis

Jadilah diri sebagai orang yang selalu optimis, memiliki kepribadian yang optimis dan berpikir positif adalah hal yang harus dimiliki seseorang. Sebagai contoh ketika teman anda tiba-tiba marah dan bahkan tidak menghubungi seperti biasanya, cobalah untuk berfikir positif karena mungkin dia lagi ada masalah. Namun jika masalah itu memang berasal dari sikap anda maka perbaiki sifat jelekmu dan jalin komunikasi kembali.

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Ingin dihargai banyak orang?? yuk belajar dulu kita untuk menghargai. Dalam menghargai orang lain banyak yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan menjadi pendengar yang baik.

Ketika salah satu anggota keluarga atau teman anda mengajak ngobrol atau mungkin curhat pada anda maka cobalah untuk mendengarkan, memperhatikan dan memberika solusi yang pas. Jika hal ini dilakukan maka teman anda akan merasa nyaman berkomunikasi dengan anda.

  1. Jangan Egois

Tendang deh jauh-jauh sifat egois anda. Sifat egois atau “semau gue” paling tidak disukai semua orang karena dia lebih mementingkan diri sendiri ketimbang kepentingan orang lain. Hanya segelintir orang yang memiliki kesabaran “tingkat dewa” yang bisa bertahan untuk berteman dengan orang egois.

  1. Aktif dalam Kegiatan di Lingkungan Masyarakat

Banyak loh kegiatan yang di lakukan di masyarakat seperti kerja bakti dalam pembangunan infrastruktur kampung. Dengan mengikuti kegiatan ini kita bisa menambah teman dan lebih akrab dengan orang lain.

Bukan hanya kerja bakti saja, biasanya kan suka ada kegiatan pengajian rutin, nah anda juga bisa mengikutinya selain terjalin silaturahmi, dengan mengikuti ini juga bisa dijadikan sebagai intisari rohani dan menciptakan pergaulan yang baik bagi semuanya.

Baca juga: Ghibah yang Diperbolehkan

+ posts

Mahasiwa UIN Sunan Ampel Surabaya, Prodi Perbandingan Madzhab. Berasal dari kota Kopi (Dampit). Alumni PP. Al-Khoirot Malang. Menurutnya healing terbaik adalah "Tidur".

Avatar

Alehandrow Tri Agusto

Mahasiwa UIN Sunan Ampel Surabaya, Prodi Perbandingan Madzhab. Berasal dari kota Kopi (Dampit). Alumni PP. Al-Khoirot Malang. Menurutnya healing terbaik adalah "Tidur".