Umum

Maskulinitas dalam Cerita Pendek Itu Saja Kok!

Maskulinitas merupakan peran laki laki yang diletakkan pada waktu tertentu.  Menurut smiler (2004:18) maskulinitas adalah peran sosial dan bukan sifat yang diturunkan atau didapat. Istilah maskulinitas atau maskulin sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris muscle atau otot, yaitu sifat-sifat yang hanya mendasarkan pada kekuatan otot atau fisik,. Maskulinitas atau maskulin juga berasal dari bahasa prancis masculinine yang termasuk dalam golongan adjektiva dan memiliki arti kepriaan atau menunjukkan sifat laki-laki.

Di dalam cerita pendek yang saya baca, disitu menceritakan kisah percintaan yang hubungannya itu jarak jauh atau bisa disebut Long Distance Relationship (LDR), setiap hubungan pasti ada lika likunya, apalagi hubungan jarak jauh, jarak memang memisahkan, jarak memang menjauhkan. Tapi dengan adanya jarak disitu ada pelajaran yang bisa kita ambil yaitu memanfaatkan moment dengan baik ketika bertemu.

Bentuk maskulinitas dicerita pendek ini adalah, seperti yang saya bilang tadi, hubungan jarak jauh pasti ada lika likunya, rasa khawatir, rasa takut, rasa menahan rindu, dan disitulah tumbuh benih benih emosi karna rasa rasa yang dialami, apalagi cowok identik dengan sifat emosionalnya, mudah marah.

Sosok laki laki yang disebutkan didalam cerita pendek Itu Saja Kok! Bisa dibilang lebih dewasa dengan yang cewek, karna mereka beda enam tahun lebih tua yang cowok. Dia berambut hitam dengan gaya spike ala ala anak muda pada masa kini. Matanya cokelat dan diindahkan oleh bulu matanya yang lentik. Hidungnya pun sama. Kumis tipisnya menghiasi bibirnya yang kecil. Wajahnya manis tanpa jerawat ataupun komedo. Dan dia sedikit lebih tinggi dari yang cewek.

Didalam cerita pendek ini dia terlihat orang yang mudah marah dan tidak mau mendengarkan penjelasan terlebih dahulu, da n sampai akhirnya dia mengeluarkan sifat dinginnya sampai tidak memberi kabar selama tiga hari.

Nah disitu bentuk maskulinitasnya yang paling menonjol mudah emosi, sifat dinginnya, dan ciri-ciri si cowok tersebut yang sudah dijelaskan seperti bentuk rambut, mata, bulu mata sampai bibirnya yang kecil.

Menurut kepahaman saya pribadi maskulinitas adalah suatu ciri ciri yang bisa dikatakan dia seorang laki-laki yang disandarkan pada waktu tertentu.

Avatar
Nadia Nabila
+ posts