Pendidikan

Melangkah Kesempurnaan dalam Pembelajaran Bahasa

Seorang insan dilahirkan di dunia merupakan sebuah rahmat yang mana seorang insan diutus untuk menjadi pemimpin yang mengendalikan tali kehidupan agar damai tanpa kecemasan bagi mahluk yang berada dilingkup sebuah kehidupan, Melangkah lebih jauh lagi seorang insan diciptakan oleh tuhan dengan berbekal sebuah akal yang memiliki kemampuan yang tak terbatas bahkan dengan bekal kemampuan seorang insan menjadi mahluk yang istimewa lebih unggul dari mahluk lainya tergantung pemiliknya mau dibuat seperti apa manfaat dari akal itu, berusaha senantiasa mengembangkan akal dengan sebuah ilmu yang dimiliki atau menyebarkan ilmu dalam akal yang dimiliki atau cukup diam dan mensyukuri karunia tuhan berupa akal yang sangat istimewa ini. Dan yang paling penting seorang insan tau bagaimana senantiasa bersyukur atas karunia tuhan.

Sebagai seorang insan tentulah pasti punya kewajiban untuk mengembangkan sebuah wawasan yang mengetahui berbagai macam-macam fenomena kehidupan untuk membekali diri sendiri dan juga orang lain agar terhindar dari kebodohan sosial yang memberikan kesulitan dalam sebuah kehidupan, maka komunikasi bahasa dalam lingkup kehidupa seorang insan sangatlah penting. Komunikasasi merupakan salah satu  sarana makhluk hidup untuk menghubungkan pemahaman atau informasi yang menentukan dari si pemberi informasi dan si penerima informasi tersebut.

Setiap seorang insan pasti memiliki karakter gaya tersendiri tentulah berbeda-beda tergantung pandangan orang bagaimana menempatkan diri dalam suatu hal yang mana dirasa cocok dengan keadaan tersebut itulah salah satu gaya dari seorang insan, tidak tertinggal dalam sebuah komunikasi juga berbeda seorang insan untuk menyampaikan sebuah informasi diperlukan gaya khusus yang mana menjadi ciri khas tersendiri baginya, begitu pula orang yang menerima informasi (lawan komunikasi) pasti memiliki gaya tersendiri dalam menanggapi hal ini, maka timbulah sebuah pertanyaan gaya manakah yang paling sempurna atau yang paling dominan dalam sebuah penyampaian informasi dalam komunikasi bahasa yang sesuai?

Dalam hal ini penulis memberikan sebuah pandangan untuk menyikapi sebuah persoalan atau pandangan dalam hal itu. Dalam ilmu pendidikan atau pengajaran kita dikenalkan metode Vark yakni Visual, auditorial, read/write dan kinestik merupakan dari macam-macam gaya seorang insan untuk menanggapi atau menangkap sebuah pemahaman atau informasi.

Seorang insan yang memiliki kecenderungan gaya visual biasanya lebih mudah menangkap pemahaman atau informasi dengan menggunakan media perantara yang mana itu memancing indra penglihatan (mata) untuk bisa fokus kepada informasi yang disampaikan. Seorang insan yang bergaya audiotoris dalam ranah pembelajaran biasanya lebih mudah memahami jika informasi itu disajikan dalam bentuk suara yang memberikan pancingan indra pendengaran (telinga) . Seorang insan dengan gaya belajar Read/Write lebih mudah mempelajari suatu informasi dengan melibatkan tulisan setelah seorang insan memperoleh suatu informasi atau pemahaman lewat tulisan maka ia biasanya akan lebih memahami pemahaman tersebut jika ditulis kembali dalam sebuah catatan. Dan gaya yang terakhir dari metode Vark ini yaitu Kinestik yang mana seorang insan akan lebih mudah memahami suatu ilmu atau informasi jika penyampaian informasi yang telah diberikan atau berhubungan dengan sebuah pergerakan atau aktivitas yang mana serasa lebih berkesan atau membekas dalam ingatan jika di dampingi dalam sebuah pengalaman (aktifitas) yang belum pernah dialaminya.

Melakukan atau mempraktikkan metode Vark ini bisa dicoba untuk menemukan gaya dari setiap seorang insan yang berada di muka bumi ini alangkah lebih sempurna ketika digunakan pada sebagian orang(lawan komunikasi) dengan pilihan gaya yang tepat sehingga bisa memberikan pemahaman dengan evektif sesuai dengan harapan si pembicara tersebut. Hal yang mungkin kecil ini tapi sangat perlu diperhatikan.

Dari pemaparan teori Vark di atas semoga pembaca lebih memahami bagaimana cara berkomunikasi atau bagaimana menanggapi setiap seorang insan dengan cara gaya yang sesuai. Jadi gaya yang lebih baik digunakan dalam sebuah komunikasi bahasa terletak pada kesadaran orang yang memberikan suatu informasi, bagaimana cara dia menyampaikan dan mempersiapkan konsep sesuai dan cocok dengan siapa yang diajak berkomunikasi.

Baca juga: Teori Kontekstual Sastra dalam Pesantren

 

Avatar
Muhammad Ali Ridlo S
+ posts