Artikel

Karakteristik Ideal Bagi Seorang Pemimpin

Karakteristik Ideal Bagi Seorang Pemimpin

Menjadi seorang pemimpin adalah sebuah amanah yang bersandingan dengan tanggung jawab yang besar. Ketika kita akan membahas tentang pemimpin, tentunya tidak akan luput dari ranah organisasi. Kita mulai dengan pengertian organisasi terlebih dahulu. Pengertian secara sederhananya, organisasi adalah sarana, tempat, atau wadah bagi sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Kita akan mengambil pendapat salah satu ahli untuk mendefinisikan organisasi agar lebih jelas. Menurut Schermerhorn, 2000, mengemukakan bahwa : “Organisasi adalah sekumpulan orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama”. Pengertian ini sudah sangat mewakili dari pengertian organisasi secara jelas.

Organisasi tentunya sangat erat hubungannya dengan manjemen. Tentunya hal ini disebabkan karena didalam kedua-duanya terdapat kepemimpinan. Dengan kata lain, untuk membangun organisasi yang baik tentunya harus menerapkan manajemen yang baik. Hal ini akan diraih dengan adanya kepemimpinan ideal.

Majemen sendiri secara tata Bahasa berasal dari Inggris yaitu “manage” yang berarti mengelola, mengendalikan, mengusahakan dan memimpin. Selanjutnya, berasal dari bahasa Perancis Kuno yaitu “ménagement” yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Bisa juga berasal dari bahasa Italia (1561) yaitu “managgiare” yang berarti mengendalikan, terutama dalam konteks mengendalikan kuda. Kemudian, bisa juga berasal dari bahasa Latin yaitu “manus” yang berarti tangan. Pengertian lebih jelasnya dapat kita ambil dari salah satu pendapat ahli yakni pendapat Parker (Stoner & Freeman, 2000), mengemukakan bahwa “manajemen adalah seni melaksanakan pekerjaan melalui orang-orang (the art of getting things done through people).” Secara umum pengertian manajemen adalah suatu kegiatan yang dilakukan sekelompok orang yang bekerjasama dalam mengatur, mengembangkan, mengelola, dan mengendalikan untuk mencapai tujuan organisasi.

Setelah kita menyelami pengertian dari oraganisasi dan manajemen yang memiliki hubungan erat antara keduanya karena adanya kepemimpinan didalamnya, sekarang kita akan mengulas pengertian kepemimpinan. Kepemimpinan dapat diartikan sebagai suatu instrumen yang dapat mengendalikan dan mengatur orang agar saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Kepemimpinan juga berperan penting untuk aktivitas organisasi dalam pergerakannya. Oleh sebab itu kepemimpinan menjadi faktor penentu nan terpenting dalam organisasi. Suatu organisasi akan berjalan bila memiliki kepemimpinan yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Tidak kalah penting idealnya seorang pemimpin harus cerdas guna menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi dalam organisasi yang dipimpinnya.

Baca juga: Rahasia Dan Keistimewaan Basmalah

Harapan organisasi agar berjalan dengan baik tentunya tak lepas dari peranan karakteristik ideal seorang pemimpin. Setidaknya, ada 7 karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar menjadi pemimpin yang ideal.

1. Cerdas

Kecerdasan diperlukan bagi seorang pemimpin guna dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan cepat dan tepat. Kecerdasan didapatkan dari hasil belajar, sehingga kaya akan ilmu pengetahuan. Jika seseorang ingin cerdas, maka diperlukan semangat belajar yang tinggi dan ketekunan yang kuat.

2. Bertanggung jawab

Tanggung jawab merupakan beban yang tidak akan terlepas dari seorang pemimpin. Tanggung jawab yang dimaksud adalah tanggung jawab akan dirinya juga segenap anggota yang dipimpinnya. Tanggung jawab adalah beban berat, namun akan terasa ringan bila diiringi dengan iman dan takwa.

3. Jujur

Kejujuran bagi seorang pemimpin diperlukan agar mampu terbuka kepada anggotanya dalam segala kebijakan yang diambil. Pemimpin yang memiliki kejujuran tentunya akan dipercaya oleh anggotanya baik terhadap perkataan ataupun tindakan. Intruksi ataupun komando yang diberikan akan segera diikuti dan dilaksanakan oleh anggotanya.

4. Inisiatif

Seorang pemimpin dituntut untuk memiliki karakter ini agar dapat memutuskan segala hal dengan baik dan benar. Karakter inisiatif ini juga berguna untuk menemukan solusi yang baik untuk kemajuan organisasi yang dipimpinnya.

5. Konsisten dengan tegas

Konsisten yang dimaksud adalah pemimpin bisa melaksanakan setiap aturan dan kebijakan. Sedangkan tegas yang dimaksud adalah pemimpin tidak mengekang anggotanya juga tidak membebaskannya.

6. Adil

Sikap adil bagi seorang pemimpin menjadi karakter idealis, sehingga mampu untuk memperlakukan anggotanya sesuai dengan tugas dan bidang masing-masing. Saat bersikap adil, seorang pemimpin tidak akan memihak pada salah satu anggotanya melainkan memihak kepada seluruh anggota.

7. Lugas

Tentunya seorang pemimpin harus mampu untuk memiliki sikap ini, agar dalam menyampaikan gagasannya tidak bertele-tele dan bisa disampaikan secara langsung.

Namun, sebagai seorang insan yang jauh dari kata sempurna tentunya untuk memiliki secara lengkap beberapa karakteristik ideal bagi seorang pemimpin akan membutuhkan kerja keras dan ketekunan. Terus mengevaluasi diri agar menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya juge mencadi untuk mencapainya. Hal yang harus kita lakukan saat keadaan dan takdir memaksa kita untuk menjadi pemimpin adalah berupaya untuk menjadi pemimpin yang ideal tentunya dengan berusaha memenuhi karakteristik ideal menjadi seorang pemimpin.

Oleh: Deni Malik – Lumajang

 

Avatar

Redaksi Alkanews

ALKANEWS.COM adalah media digital berbagi informasi, refleksi dan opini sebagai upaya untuk berkontribusi pada kemajuan bangsa, umat dan negara melalui karya tulis pemikiran dan perspektif personal dan akademis. Kontributor umumnya adalah santri, alumni dan civitas akademika Al-Khoirot. Juga terbuka pada kontribusi dari luar. Tulisan dapat berbentuk prosa (refleksi, opini dan esai ilmiah) dan sastra-fiksi (puisi, cerpen dan cerita bersambung atau novel). Bahasa pengantar dapat berupa bahasa Indonesia, Inggris dan Arab.