Teknologi

Front End Developer VS Back End Developer!! Mari mengenal pengertian dan perbedaan dari keduanya!

Mengenal pengertian Front End dan Back End Developer

Front End dan Back End adalah sebuah istilah bagi para developer yang mana keduanya merupakan hal yang berkaitan dengan bagaimana sebuah aplikasi atau website dapat bekerja dan dapat terakses oleh pengguna.

Berkaitan dengan proses web development dan pemrograman, front end adalah sebuah tampilan yang dapat dilihat oleh pengguna (client side), sedangkan back end merupakan sistem di balik layar yang mengolah database dan server (server side).

Orang yang mengelola front end memiliki julukan sebagai front end developer sedangkan orang yang mengelola back end sebagai back end developer, ada juga istilah bagi orang yang mengelola keduanya yakni fullstack developer.

Peran Front end dan Back end Developer

1. Front end developer

Berdasarkan pengertiannya, maka seorang front end developer harus mampu membangun, merancang dan mengelola sebuah tampilan situs. Sederhananya, seorang front end developer harus menguasai bahasa pemrograman CSS, HTML dan JavaScript.

2. Back end developer

Sebaliknya seorang back end developer harus dapat memastikan sebuah situs dapat berfungsi dan monitoring di balik layer. Sederhananya seorang back end developer bertugas melakukan control dari sisi server, sistem dan database. Back end developer biasanya menggunakan Bahasa pemrograman PHP, Ruby, dan Python.

Bagaimana cara belajar menjadi seorang Front End atau Back End Developer

Secara garis besar seorang front end developer membutuhkan beberapa kemampuan antara lain ia harus mampu menguasai skill pemrograman minimal tiga bahasa pemrograman HTML, CSS, dan JavaScript.

Selanjutnya seorang front end developer juga harus mampu mengelola framework dan library. Yang biasa digunakan adalah Angular.js dan React.js. Begitupun dengan back end developer, selain mampu membaca bahasa pemrograman yang yang tampil di balik layar pada sebuah situs atau aplikasi seorang back end developer juga harus menguasai sebuah framework dan library, bahasa pemrograman framework dan library yang biasanya digunakan adalah GO, C#, Express dan Django. Selain itu ada juga bahasa pemrograman dalam perangkat lunak seperti MySQL, SQL Server dan Oracle.

Untuk dapat belajar secara tertib, sudah tersedia situs roadmap untuk mempelajari skill front end developer maupun backend developer.

Teman-teman dapat mengunjungi dan mempelajari langsung situs roadmap untuk belajar front end ataupun back end developer di situs roadmap.sh.

Situs yang sering dikunjungi baik oleh developer pemula maupun yang sudah ahli. Pada situs tersebut, juga terdapat situs-situs belajar yang terdiri dari masing-masing tahapan, terdapat juga materi, tutorial dan juga praktikum. Kelebihan dari roadmap.sh adalah situs ini selalu update dengan menyesuaikan kebutuhan developer, tentunya yang sesuai dengan perkembangan developer dari masa ke masa.

Lebih spesifiknya teman-teman dapat mengunjungi situs di bawah ini :

Roadmap front end Developer

Roadmap back end Developer

Demikian informasi mengenai pengertian dan perbedaan antara front end dan back end developer, semoga penulis dapat membahas tentang roadmap front end dan back end developer versi roadmap.sh di lain kesempatan.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

+ posts

Sedang menempuh studi di Universitas Raden Rahmad Malang, jurusan Teknologi Informasi. Aktif mengikuti Bahsul Masail diluar pesantren Al-Khoirot

Avatar

Fikri Alfadani

Sedang menempuh studi di Universitas Raden Rahmad Malang, jurusan Teknologi Informasi. Aktif mengikuti Bahsul Masail diluar pesantren Al-Khoirot