ArtikelKeislaman

17 Fadhilah Membaca Shalawat

17 Fadhilah Membaca Shalawat

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.(Surah Al-Ahzab:56)

Banyak sekali keutamaan dari membaca shlawat, anjarun membacanyapun juga dapat kita temukan baik dalam Al-qur`an ataupun hadist. Habib Umar bin Hafidz pernah berkata yang intinya ”seandanya setiap ucapan yang keluar dari lisan manuasia dapat mengeluarkan aroma wangi, maka untaian shlawatlah yang memiliki semerbak aroma paling waling diantara kata-kata yang lain”.

Membaca shalawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW pasti akan diterima, walaupun hati kita dalam keadaan lalai, shalawat kita akan tetap diterima walaupun kita tidak membacanya dengan khusyu`, shalawat kita akan tetap diterima walaupun kita mengucapkannya dengan penyakit hati yang masih bergelantungan, shalawat yang kita panjatkan tetap akan dierima oleh Kanjeng Nabi walaupun kita membacanya bukan dari relung hati yang paling dalam, karena itu adalah salah satu kelebihan dalam shalawat. Berikut beberapa fadhilah membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW:

1. Mendapatkan rahmat dari Allah SWT

2. Mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW

3. Akan mendapatkan shalawat dari malaikat termasuk malaikat Jibril a.s.

Dalam hadist nabi disebutkan ”siapa saja yang bershalawat kepadaku, maka malaikat akan bershalawat kepadanya. Hendaklah ia bershalawat kepadaku baik sedikit ataupun banyak”

Diriwayatkan sesungguhnya Rasulullah SAW. Suatu hari datang dengan kebahagiaan yang terpancar diwajahnya, lalu berkata “sesungguhnya jibril datang kepadaku lalu dia berkata ‘betapa aku senang kepadamu wahai Muhammad,  jikalau ada seorang dari ummatmu bershalawat sekali saja, maka aku akan bershalawat kepadanya sepuluh kali. Jikalau ada seorang ummatmu memanjatkan salam sekali saja padamu, maka aku akan sampaikan sepuluh kali salam padanya”

Dari riwayat Abdurrahman bin Auf Rasulullah bersabdah “ jibril datang kepadaku lalu berkata, wahai Muhammad tidaklah seseorang bershalawat kepadamu sekali kecuali tujuh puluh ribu malaikat bershalawat padanya. Dan siapa bershalawat padanya maka malaikat mendokannya termasuk ahli syurga”

4. Dikabulkan hajatnya

Abu Sulaiman ad-darani berkata “siapa yang berharap doanya dikabulkan oleh Allah, hendaklah ia memperbanyak sholawat, lalau mintalah pada Allah hajatnya. Kemudian akhirilah dengan sholawat atas nabi pula. Maka Allah akan menerima kedua shlawat itu. Maka diantara sholawat itu menjadi doa mulia”

Nabi SAW bersabda “jika seseorang mempunyai suatu hajat yang mendesak, maka hendaklah ia memperbanyak shalawat kepadaku, karena sesungguhnya shalawat itu akan menguak duka, keruwetan dan menambah rezeki dan memenuhi segala hajat”

5. Mendapatkan tempat yang mulia disisi Nabi Muhammad

Rasulullah bersabdah “sesungguhnya manusia yag paling mulia disisiku adalah yang paling banyak bersholawat kepadaku”

Oleh karena itu semakin banyak seseorang melantunkan shalawat kepada kanjeng Nabi maka ia akan semakin dekat dengan beliau. Maka dari itu jika kita ingin dikenal oleh nabi Muhammad hendakalah memperbanyak shalawat, sekalipun kita didunia kita tidak pernah bertemu dengan beliau, Rasulullah akan mengenali kita pada hari kiamat nanti dengan cara kita sering-sering membaca sholawat dan mengucapkan salam kepada beliau

6. Mendapatkan kebaikan

“siapapun dari ummatku yang bershalawat kepadaku sekali, maka baginya tertulis sepuluh kebaikan”

7. Dapat menghapus dosa

Nabi bersabdah dalam hadistnya “siapa saja yang bershalawat padaku dihari jumat 100 kali, maka dimapuni kesalahnnya selama delapan puluh tahun”

8. Mengikuti tradisi malaikat abrar

9. Mendapatkan barakah hingga anak cucunya

10. Selamat dari api neraka

“………siapa yang bershalawat kepadaku seribu kali, maka diharamkan jasadnya menyentuh ai neraka…..”

11. Dapat meminum air telaga Nabi Muhammad SAW

“telagaku tidak diperuntukkan bagi kaum kecuali mereka memperbanyak shalawat atasku”

12. Mendapat salam dari Allah SWT

13. Mendapatkan pahala setara dengan membebaskan 10 budak tulus karena Allah SWT

14. Dihari kiamat dia(orang yang bershalawat) akan datang bersama cahaya

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib bahwa Rasulullah bersabdah “siapa yang bershalawat kepadaku sebanyak seratus kali pada hari jumat ia akan datang pada hari kiamat bersama suatu cahaya yang jika cahaya itu dibagi antara makhluk secara merata, niscaya akan mencukupi”

15. Allah meneguhkan iman seseorang yang bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW

16. Diangkat derajatnya

17. Dapat memnghibur pembacanya saat dikubur

Saat kita melakukan amal ibadah yang lain selain membaca sholawat bisa saja tertolak dan tidak diterima, namun khusus untuk membaca sholawat pasti akan diterima, ulama` sepakat dalam hal ini.

Baca juga : Dosa Besar Kaum Santri

+ posts

Mahasiswa IAI Al-Qalam Malang, alumni pondok pesantren Al-Khoirot putri

Avatar

Vina Lailatul Masykuro

Mahasiswa IAI Al-Qalam Malang, alumni pondok pesantren Al-Khoirot putri